Jajanan Pasar Jakarta - Kuliner Jogja Murah Meriah

Article

3 Jajanan Khas Surabaya

on

Sama seperti daerah – daerah lain di Indonesia mempunyai jajanan khas masing-masing yang punya cita rasa lokal dengan resep andalan turun-menurun yang kemudian menjadi jajanan khas suatu tempat. Kali ini kita akan mencicipi beberapa jajanan khas Surabaya.

Kerupuk Ikan Kenjeran

kerupuk-ikan-kenjeran

Surabaya merupakan salah satu kota pesisir di Indonesia, yang berbatasan langsung dengan selat suramadu. Jadi tidak heran lagi hampir sebagian besar olahan makanan dan jajanan khas Surabaya berasal dari seafood.
Di kawasan jalan Sukalilo atau sekitaran pantai Kenjeran Surabaya, banyak sekali kita menemukan warga membuat berbagai bahan olahan jajajan khas Surabaya berupa kerupuk dari hasil laut. Dari kejauhan kita sudah bisa merasakan aroma khas kerupuk ikan yang dijual di gerai-gerai sepanjang jalan di kawasan pantai Kenjeran.
Kerupuk ikan ini terdiri dari berbagai warna, bentuk dan rasa. Ada yang dijual mentah dan siap saji. Ada beberapa variasi kerupuk ikan ini salah satunya kerupuk hitam yaitu berbahan dasar dari cumi-cumi. Kerupuk hijau terbuat dari rumput laut dan kerupuk berwarna coklat dibuat dari kerang.
Kerupuk ikan kenjeran ini bisa banget untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari surabaya, biasa harga berkisar dari 15.000 sampai 300.000 rupiah per kg.

Kue Belinjo dan Mente

kue-belinjo-dan-mente1

Kue belinjo dan mente ini merupakan jajanan khas Surabaya yang terbuat dari bahan-bahan pilihan dengan resep kuno. Kue ini dibuat dari kacang mente, biji belinjo, tepung, telur, garam, gula yang kemudian dicampur menjadi adonan dan dipanggang seperti sejenis kukis. Teksturnya yang lembut dan halus dengan rasanya sangat khas.
Jajanan khas Surabaya ini dapat ditemukan di gerai oleh-oleh khas surabaya, yang sudah dipacking cantik dengan gambar hiu buaya sebagai identitas kota Surabaya.

Onde-Onde Surabaya

onde-onde-surabaya

Onde-onde juga salah satu jajanan khas Surabaya, kue dari adonan ketan berisi kacang hijau ini di kenal dan disukai hampir di seluruh Indonesia.
Nah bedanya onde-onde di surabaya yaitu ukurannya yang agak sedikit lebih besar dari ukuran onde-onde biasanya, kira-kira seukuran bola pingpong. Selain kacang hijau, kentang atau jenis kacang-kacangan lain seperti kacang merah, juga dibuat sebagai isian.

Memang membuat onde-onde kesulitannya suka pecah. Rahasia agar tidak pecah, goreng memakai api kecil dalam minyak yang tidak panas.
Jajanan khas Surabaya ini dibuat dengan menggunakan tepung ketan, garam, vanili yang kemudian diuleni dengan air hangat sampai menjadi adonan. Kemudian diisi dengan aneka isian, seperti kacang hijau kukus yang sudah dihaluskan dengan campuran gula halus, garam, susu kental dan pandan.
Adonan yang sudah diisi kemudian dibentuk seperti bola pingpong dicelupkan dalam telur putih kemudian digulingkan dalam biji wijen, dan digoreng dengan api sedang.
Onde-onde yang menjadi jajanan khas Surabaya bisa ditemukan di setiap toko kue, warung dan gerai oleh-oleh dengan harga bervariasi.

Be Sociable, Share!

    Recommended for you

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


    *