Article

4 Jajanan Enak di Jakarta

on

Berbagai macam kuliner nusantara dijual di Jakarta, mulai dari makanan khas, makanan berat, oleh-oleh, cemilan dan jajanan. Untuk itu kita akan mencari beberapa jajanan enak di Jakarta yang bikin ketagihan dan pingin datang lagi ke ibukota.

 

Soto Betawi

soto betawi

Jajajan Enak di Jakarta salah satunya soto betawi. Soto berkuah santan dengan isi pontongan daging sapi, kentang dan tomat. Rasanya lezat dan gurih, semangkok soto betawi sangat cocok disantap dengan nasi.

Soto betawi ini tidak hanya terkenal di Jakarta, Jajanan Enak di Jakarta ini terkenal di beberapa kota besar di Indonesia termasuk di luar negeri.  Soto ini lezat karena banyak bahan dasar yang digunakan yaitu campuran daging sapi, lengkuas, gula, garam, serai, jeruk nipis, daun bawang, telur, kentang, bawang goreng dan santan kelapa. Supaya lebih lezat soto betawi ditambah perasan jeruk nipis dan kerupuk melinjo pasti lebih enak saat disantap.

 

Kerak Telur

kerak telor

Kerak telur merupakan makanan khas betawi yang sangat rekomendasi sebagai Jajanan enak di Jakarta. Kerak telor terbuat dari kerak telor, ketan dan ubi. Kerak telur paling terkenal di jual saat acara pekan raya Jakarta.

Bentuk kerak telur hampir mirip dengan martabak, perbedaanya hanya pada cara masak dan isi di dalamnya. Rasanya yang ajib gurih, maknyuss. Jajanan enak di Jakarta yang satu ini juga banyak di jual di pasar-pasar atau di gang dengan menggunakan pikulan atau gerobak.

 

Semur Jengkol

semur-jengkol

 

Walau di Jakarta sudah sulit mencari pohon jengkol, salah satu jajanan enak di Jakarta adalah Semur Jengkol. Semur Jengkol merupakan sayur yang wajib dihidangkan pada saat orang betawi mengadakan hajatan. Bahkan di rumah makan Jakarta juga selalu tersedia.

Jengkol-jengkol ini sengaja didatangkan dari luar Jakarta seperti dari Kalimantan dan Sumatra. Sensasi memakan semur jengkol memang luar biasa, sangking special rasanya orang-orang menyebutnya dengan hati macan. Mungkin bagi sebagian orang mencium bau jengkol saja sudah jijik. Tapi jangan kuatir semur jengkol tidak megeluar aroma yang tidak sedap.

Rasa semur jengkol ini sangat lezat karena berbahan dasar jengkol dengan campuran rempah seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, cengkeh, pala, lada, gula jawa, garam dan kecap manis selanjut direbus sampai masak sehingga bau jengkol tidak muncul lagi. Jajanan enak di Jakarta yang lezat nikmat ini bisa dibeli di warung-warung betawi.

 

Ketupat Sayur

ketupat-sayur

Ketupat sayur Betawi juga andalan jajanan enak di Jakarta, karena ketupat sayur biasanya dijadikan menu sarapan. Rasanya sangat enak. Disebut ketupat sayur karena makan pokonya ketupat atau lontong yang dimakan dengan sayur.

Jajanan enak di Jakarta ini sangat sedap dan diminati oleh banyak orang untuk sarapan karena mengunakan bahan baku selain lontong dan ovor ayam, rempah-rempah dan sayuran yang digunakan juga cukup banyak seperti daun pepaya muda, kacang panjang, santan, serai, dau salam, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, ebi kering, garam, gula pasir, cabe,  gula merah, telur, tahu, kayu manis, kemiri, ketumbar lengkuas.

Ketika rempah-rempah itu menjadi menyatu dan disajikan dalam sebuah piring, rasa lezat ketupat sayur akan terasa bagi penikmatnya. Jangan lupa ketika makan ketupat sayur betawi campur kerupuk emping rasanya akan lebih makknyus.

 

 

Be Sociable, Share!
    0 Users (0 votes)
    Criterion 10
    What people say... Login to rate
    Sort by:

    Be the first to leave a review.

    Verified
    {{{review.rating_comment | nl2br}}}

    Show more
    {{ pageNumber+1 }}

    Recommended for you

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *