Jajanan Pasar Jakarta - Kuliner Jogja Murah Meriah

Article

4 Jajanan Tradisional Indonesia

on

Indonesia dikenal memiliki berbagai macam jajanan. Setiap daerah memiliki jajanan tradisional masing-masing, jajanan tradisional Indonesia berbahan dasar dari bumi nusantara yang diolah dan racik dengan resep turun-menurun. Yang masih tetap dipertahankan dan dinikmati di daerah-daerah seluruh Indonesia.

 

Dodol Lidah Buaya.

dodol-lidah-buaya 

Lidah buaya oleh kebanyakan orang dikenal sebagai produk kecantikan dan obat-obatan seperti pembersi muka, sabun dan shampo. Tetapi, di Kota Pontianak lidah buaya diolah berbagai jenis produk makanan jajanan tradisional Indonesia, salah satunya dodol.

Tanaman lidah buaya di Pontianak ukuranya panjang dan besar, kalau di daerah lain ukuranya hanya 50 cm, lidah buaya di Pontianak ukurannya bisa mencapai satu sampai dua meter. Sehingga bisa diolah berbagai produk makanan ringan yang menjadi jajanan tradisonal Indonesia khas Pontianak.

Turis lokal maupun manca negara yang berkunjung ke Pontianak, pastinya dodol lidah buaya menjadi salah satu jajanan yang dibawa sebagai oleh-oleh. Di Pontianak dodol lidah buaya bisa di beli di gerai-gerai  seperti di depan Gereja Katedral Pontianak, di samping lapangan sepak bola PSP atau gerai kuliner di jalan Gajah Mada.

 

Apam Kuah Aceh

apam-kuah-aceh

Apam kuah merupakan jajanan tradisional Indonesia dari Aceh, panganan ini terbuat dari tepung beras dicampur kelapa parut kemudian dibakar dengan olesan sedikit minyak dalam koali besi. Disajikan dengan kuah santan campuran potongan nangka, pisang raja, daun pandan, gula, dimasak sampai mendidih seperti kolak.

Di banda aceh bisa dicari dipusat-pusat kuliner Aceh. Satu porsi harga cukup murah antara Rp. 8.000 sampai Rp. 10.000, per Mangkok. Jajanan tradisional Indonesia  khas Aceh ini biasanya ditemui pada setiap bulan rajab, disajikan secara geratis pada acara kenduri.

 

Batagor

batagor

Batagor juga termasuk jajanan tradisional Indonesia, makanan khas dari Jawa Barat. Meskipun makanan Jawa Barat, batagor sangat mudah di temui di kota-kota seluruh Indonesia. Bayak pedagang Jawa Barat seperti dari Bandung, Garut yang menjual jajanan tradional Indonesia ini ke seluruh kota-kota negeri ini.

Jajanan tradional Indonesia khas dari Jawa Barat ini dibuat dari tepung sagu, tepung terigu, tahu rebus, daun bawang, bawang putih, marica, cabe merah, dan bawang merah.

Penyajian potongan tahu rebus, rebusan tepung sagu dan tepung terigu dipotong, baru di curah dengan rempah kacang. Supaya lebih enak tambahan telur rebus dan kerupuk. Satu porsi jajanan batagor Rp 15.000- sampai Rp. 20.000.

 

Empek- empek Palembang

empek-empek

Jajanan trasional Indonesia  yang satu ini pasti sudah pada tahu semua, empek-empek. Kata empek-empek pasti berasal dari Palembang. Saking terkenalnya kota Palembang dikenal kota Empek-empek.

Jajanan ini terbuat dari Ikan tenggiri rebus yang dihaluskan dan dibuang durinya, tepung sagu dicampur dengan rempah-rempah, tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, bawang merah secukupnya.

Dulunya jajanan tradisional Indonesia ini menggunakan ikan air tawar seperti ikan belida. Karena ikan belida sulit didapat maka diganti dengan ikan dari laut seperti ikan tenggiri dan berbagai jenis ikan lainya.

Cara menyantap Empek-empek Palembang ada yang direbus atau digoreng. Agar lebih nikmat empek-epek dimakan dengan mencampur kuah  cabe dan kecap atau saos. Ada juga yang yang menambahnya dengan kuah kacang tanah goreng yang telah dihalus  Atau kuah acar. Sesuai selara penikmatnya.

 

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


    *