5 LANGKAH PENCEGAHAN VIRUS CORONA YANG TERBUKTI AMPUH

Virus corona semakin hari semakin meningkat dalam penyebarannya. Di beberapa Negara seperti Amerika, Italia, Spanyol dan masih banyak lagi memberlakukan sistem lockdown demi memberhentikan rantai penyebaran virus corona. di Indonesia, Pemerintah pun menyerukan beberapa pencegahan agar masyarakat tidak terkena virus corona. nah untuk Anda yang ingin tahu bagaimana pencegahan virus corona agar tidak menginfeksi kepada tubuh anda, simak langkah-langkahnya dibawah ini !

1. Sering Mencuci Tangan

Virus corona mampu bertahan pada benda dalam waktu yang lama. Oleh karena itu jika anda sudah berpergian dari luar rumah atau sedang berada di luar. Sebisa mungkin rajin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik lalu bilas dengan air yang mengalir. Virus corona ternyata mudah hancur ketika anda mencuci tangan dengan sabun karena dibalik kekuatan virus corona yang cepat penyebarannya, namun kelemahan virus corona yaitu mudah hancur ketika kita mencuci tangan dengan sabun. Dan anda juga bisa menggunakan hand sanitizer jika tidak memungkinan untuk mencuci tangan karena kandungan alcohol dari hand sanitizer ampuh untuk membunuh virus dan bakteri yang menempel di tangan.

2. Menjaga Jarak

Selanjutnya adalah dengan menjaga jarak dengan orang lain. ini merupakan himbuan dari pemerintah dalam upaya pencegahan penularan virus COVID-19 yang sering disebut sebagai social distancing. Mengapa diberlakukan demikian? Karena untuk memutus penularan infeksi virus corona. penyebabnya adalah ada sebagian orang yang terinfeksi virus corona namun tidak menimbulkan gejala sehingga dengan sangat mudah virus ini menyebarkan. Oleh karena itu menjaga jarak adalah langkah yang tepat untuk memutus penyebaran virus corona.

3. Stay At Home

Langkah selanjutnya adalah pencegahan agar memutuskan penyebaran virus corona supaya tidak bertambah banyak. berdiam dirumah adalah cara yang paling ampuh untuk tidak terjangkit virus corona karena berdiam dirumah, kita tidak menjumpai orang banyak sehingga aman hingga pandemic virus ini berakhir. Pemerintah sudah memberlakukan untuk semua masyarakat agar berdiam dirumah namun pekerjaan masih tetap berjalan dalam istilah ini Work from Home. Dan para pelajar pun diliburkan untuk kegiatan belajar di sekolah atau kampus dan melalui belajar online agar kegiatan belajar tidak terganggu oleh virus ini.

4. Hindari menyentuh area kepala

Virus corona adalah virus yang penyebarannya melalui droplet dari seseorang yang bersin atau batuk. Droplet tersebut menempel pada tangan yang terinfeksi dan menyentuh benda lain. maka dari itu ketika berpergian ke luar dan menyentuh benda atau fasilitas umum sebaiknya anda jangan menyentuh area mulut, hidung, dan mata. Karena bisa jadi fasilitas atau benda yang anda pegang sebelumnya terdapat virus corona yang menempel. Maka dari itu sebelum hendak menyentuh mulut, hidung dan mata sebaiknya anda mencuci tangan dahulu agar tangan anda bersih dari virus dan bakteri yang menempel.

5. Gunakan Masker

Saat ini himbauan dari pemerintah yaitu setiap orang wajib menggunakan masker ketika berpergian keluar. Ini sangat efektif agar penularan virus corona tidak menginfeksi satu sama lain. penggunaan masker pun tidak perlu masker medis. Masker kain juga sangat efektif dan mampu menahan 70% penularan virus ini. Namun sesudah digunakan wajib untuk anda cuci menggunakan ditergen agar masker tetap bersih. Apalagi saat ini sudah banyak masker kain yang bisa menyelipkan tisu didalamnya sebagai filter agar menjadi lebih aman.

Itulah beberapa cara pencegahan virus corona yang bisa anda lakukan. Stay safe !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *