6 SAJIAN KULINER KHAS KOTA BATAM PROVINSI RIAU

5 Resep Aneka Sop yang Nikmatnya Kebangetan, Wajib Dicoba Nih!  

Sebagai salah satu kota yang berada di provinsi riau. Batam adalah salah satu kota yang terkenal. Bukan hanya karena berbagai barang yang murah. Ternyata Kuliner khas provinsi riau di kota batam juga sama terkenalnya. Menjadi salah satu hal yang di buru wisatawan.

Tak heran kalau batam banyak di kunjungi oleh wisatawan luar daerah. Karena batam sendiri memiliki daya tarik tersendiri yang sudah menjadi ciri khas kota yang berdampingan dengan negara singapore ini. Keunggulan dari kota Batam sendiri ada banyak yang salah satu nya adalah sajian kuliner khas. Walaupun makanan khas Kota Batam tak sementereng makanan khas dari sumatera barat, Tetapi sajian kuliner dari kota Batam gak kalah lezat loh, dan berikut 6 sajian makanan khas riau Batam.

1. Sop ikan batam.

Yang pertama sajian kuliner khas dari kota Batam adalah Sop Ikan Batam. Dari namanya saja sudah sangat menggiurkan, karena memang makanan ini menjadi menu favorite oleh para pengunjung luar daerah. Selain rasanya yang lezat, keunggulan lain nya adalah harga nya yang ramah kantong. Maka tak heran kalau banyak wisatawan asing yang memburu Sop Ikan Batam ini.

2. Mie tarempa.

Berbeda dengan makanan mie lain nya, mie tarempa memiliki citarasa khas kota Batam yang tak ada tandingan nya. Soal rasa, mie tarempa memiliki banyak varian rasa sesuai dengan selara masing-masing, mau pedas, asin, dan juga manis. Mie tarempa sendiri terbuat dari bahan dasar telur, tepung terigu dan juga racikan kuah khas kota Batam.

3. Otak-otak.

Siapa sih yang tak tahu dengan makanan yang satu ini?. Otak-otak sendiri memang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat indonesia. Tetapi uniknya adalah, di setiap daerah di indonesia memiliki bumbu nya masing-masing, dan begitu pula dengan kota Batam yang memiliki bumbu nya sendiri. Maka dari itu Batam memang punya warna dan ciri khas tersendiri dalam segala konteks.

4. Mie lendir.

Jika tadi diatas ada mie tarempa khas Batam, kali ini ada Mie lendir. Dari namanya sudah sangat unik, bagaimana rasa nya?. Sebelum membahas soal rasa, patut kamu ketahui kenapa dinamai mie lendir? Hal itu dipertegas karena kuah dari mie ini menyerupai tekstur lendir yang terbuat dari tepung kanji sehingga kental encer persis dengan lendir. Soal rasa sendiri mie lendir sangatlah lezat dan istimewa, banyak yang menjadikan mie lendir sebagai menu favorite bagi para pengunjung.

5. Gonggong.

Memang unik-unik nama makanan dari kota Batam, tetapi siapa sangka hal itu malah menjadi warna tersendiri. Gonggong, sajian kuliner yang satu ini berbahan utama siput laut yang di satu padukan dengan bumbu dan rempah khas dari kota batam yang di olah khusus oleh masyarakat setempat. Citarasa yang tersaji pun begitu lezat, jika kalian pencinta Seafod kurang lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan khas batam yang satu ini.

6. Nasi Dagong.

Dan yang terakhir sajian kuliner atau makanan khas kota Batam adalah Nasi Dagong. Jika di pulau jawa ada nasi uduk, Batam juga punya Nasi Dagong yang tak kalah enak. Sajian rasa yang tersaji pada Nasi Dagong begitu khas, dengan citarasa manis gurih tercampur menjadi satu, belum lagi di tambah dengan siuran bawang goreng serta ketimun yang pastinya akan menambah selera makan. Bagaimana tertarik dengan Nasi Dagong?.

Demikian tadi informasi tentang 6 sajian kuliner khas kota Batam yang begitu enak dan sangat terkenal. Sebenarnya masih banyak makanan khas lain nya dari kota Batam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *