Bakmi Jawa Pak Gareng – Semarang

0
118

bakmie-jowo-pak-gareng-semarang04

Bakmie Jawa, tersohor di Surabaya Jawa Timur, Jawa Tengah juga miliki bakmie khas andalannya, yakni Bakmie Solo. Tidak sama dengan khas Surabaya, bakmie ini dimasak memakai arang, hingga membuahkan aroma yang makin menggoda.
Untuk lokasi Semarang, Satu diantara yang tersohor yaitu Bakmie Pak Gareng. Bakmie ini sudah berdiri mulai sejak th. 1970an.

Sekarang ini bakmie itu dikelola oleh generasi keempatnya. Yaitu pak Sugeng cucu dari sang pembuat Bakmie Gareng. Sekarang ini ia dibantu 3 karyawan yang disebut saudaranya sendiri.
Kedai yang ada di Jalan Wotgandul dalam, nomor 171 Semarang itu, begitu ramai disinggahi wisatawan. Bila Anda bertandang di akhir minggu, tampak mobil motor yang parkir selama jalan itu dengan plat nomor beragam daerah.
Gerobak dengan kepulan asap arang tampak dari depan rukonya yang simpel. Sugeng masihlah berjualan di gerobak lamanya juga memakai tungku arang yang simpel.
Tetapi tidak lagi berkeliling seperti 15 th. waktu lalu di sekitaran Pecinan serta Kota Lama Semarang.
“Ini tetep pakai tungku lama serta gerobak agar melindungi kwalitas saja, lantaran dari dahulu memang tak ada yang dirubah. Kita yakin agar mutunya tetep sama, ” tutur Sugeng.

kami juga coba satu diantara menu andalan yang paling favorite, yakni bakmie godhog atau bakmie kuah. Kebetulan waktu itu cuaca Semarang tengah diguyur hujan kecil yang awet.
Tidak butuh menanti lama, himpunan mie digabung kekyan, telur, serta sayur-sayuran seperti tomat serta yang lain tersaji di meja, komplit dengan kepulan asap dari kuah yang keruh dengan rempah bumbu. Kekyan adalah adonan tepung sejenis kuetiaw.
Tampak himpunan tomat serta sebagian sayuran yang lain mengumpul dibawah tidak turut dimasak, hingga masihlah merasa renyah.

Mie nya mempunyai struktur yang tidaklah terlalu kenyal, Saat kuahnya di sruput, merasa bumbu bawang kemiri serta rasa rempah yang lain penuhi mulut.
“Resep bakmie ini dari keluarga. Aslinya bakmie Solo, lain dengan Surabaya, ini masaknya pakai arang, ” tutur Sugeng, yang juga mempunyai cabang Bakmie Gareng di Foocourt Citraland.
Dalam sehari ia dapat menggunakan arang sampai 34 kilo untuk 500 jumlah waktu akhir minggu. Tidak terbayang penuhnya meja untuk meja di rukonya itu saat malam serta jam makan di akhir minggu.
Diluar itu, Bakmie Gareng ini populer dengan bakmie berlangganan beberapa artis, politisi sampai Jendral. Waktu masuk kedalam kiosnya, Anda bakal meilhat beberapa puluh beberapa nama populer dengan tulisan kesannya sesudah makan bakmie itu.
Satu diantaranya, Sri Mulyani Menteri Keuangan yang menuliskan “Bakminya enaaak! ”. Diluar itu ada artis Dian Nitami, Mathias Mucus, Mira Lesmana, Judika, Anne Avantie, Yusuf Mansur, sampai Purnomo Yusdiantoro.
Cuaca Semarang yang kerap mendung serta hujan di musim hujan ini, begitu cocok bila Anda coba menghangatkannya dengan bakmie, satu diantaranya ke sini. Untuk satu jumlah bakmie, bihun, nasi goreng, serta nasi ruwetnya semasing Rp 12 ribu yg tidak memakai telur, serta Rp 14 ribu yang lengkap dengan telur.
Diluar itu Anda dapat juga mengkonsumsinya ditemani sate jeroan, ampela, serta usus yang dibakar terlebih dulu. Satu tusuknya Rp 3 ribu.

Bakmi Jawa Pak Gareng – Semarang
Jam Buka: 11.00 – 24.00
Alamat : Jl. Wot Gandul dalam no. 173, Semarang Telp.(024) 3560708

Be Sociable, Share!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    *