Beberapa Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Manusia

Jual Rezeki Fresh Market Buah Anggur Hijau Muscat [ 500 gr/ Pack ] di  Seller Rezeki Fresh Market Official Store - Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta  | Blibli
source gambar : blibli.com

Selain memiliki rasa yang lezat, buah anggur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.  Buah anggur mengandung banyak nutrisi sehingga termasuk ke dalam makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Buah anggur mengandung 1.600 senyawa alam yang baik untuk tubuh, termasuk beberapa antioksidan penting. Selain itu, buah anggur termasuk ke dalam makanan rendah kalori karena di setiap cangkirnya hanya memiliki 100 kalori.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat dari buah anggur, diantaranya adalah :

  • Dapat mencegah penyakit kronis

Buah anggur mengandung antioksidan penting seperti antosianin, polifenol, vitamin C, beta karoten, quercetin, lutein, likopen dan asam ellagic yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis. Antioksidan ini banyak ditemukan di kulit atau biji anggur. Antioksidan memainkan peranan penting dalam memperbaiki sel yang rusak karena radikal bebas pemicu stress oksidatif, dimana stress oksidatif ini adalah biang dari penyakit kronis seperti diabetes, kanker hingga penyakit jantung.

  • Dapat melawan Kanker

Kombinasi senyawa antioksidan resveratol, quercetin, antosianin dan katekin sangat potensial untuk membantu mencegah sekaligus mendukung pengobatan penyakit kanker. Senyawa ini bisa membantu melawan kanker dengan cara mengurangi peradangan, menghalangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

  • Dapat menurunkan tekanan darah

Dalam satu cangkir anggur, mengandung 288 miligram kalium, atau bisa mencukupi 6% kebutuhan kalium harian tubuh. Mineral tersebut diperlukan untuk mengontrol kadar tekanan darah. Kurangnya asupan kalium rentan meningkatkan resiko tekana jantung dan darah tinggi, penyakit stroke.

  • Dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi

Kandungan senyawa resveratrol juga dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi dengan mengikat kolesterol.

  • Dapat menurunkan gula darah tinggi

Walaupun memiliki cita rasa ynag manis, buah anggur termasuk buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes karena kadar indeks glikemiksnya rendah. Selain itu, buah anggur terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

  • Dapat menjaga kesehatan mata

Buah anggur bisa mencegah kerusakan retina, menurunkan resiko gangguan penglihatan degenerasi macula terkait usia, mencegah katarak dan glaucoma serta melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar biru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *