Begini Cara Screenshoot di PC Windows 10

Kini Instagram Bakal Kirim Notifikasi ke Pemilik Akun Kalau Kamu Screenshoot Stories

Bagi pengguna macOS, tentu saja kalian sudah paham betul dengan tombol cmd + shift + 3. Ya, kombinasi tombol tersebut berfungsi untuk mengambil screenshoot di seluruh area layar yang terbuka. Adapun mengenai kombinasi tombol cmd + shift + 4 yang membantu bagi para pengguna OS yang sama untuk mengambil portsi tertentu dari layar. Lantas, bagaimana cara screenshoot di PC Windows 10? 

Menurut kabar yang beredar, kebanyakan para pengguna Windows 10 mengambil screenshoot merupakan sebuah kegiatan yang esensial, sehingga fitur tersebut memiliki sifat krusial. Dengan kata lain, semua kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan screenshoot bisa dilakukan pada Windows 10 dengan hanya berbekal beberapa shortcrut saja. 

Sama halnya seperti pengguna macOS, dimana pengguna Windows 10 juga dapat mengambil semua porsi layar, ataupun satu bagian kecil saja dari layar Windows 10 yang sedang terbuka. Tak hanya itu, bahkan para pengguna Windows 10 dapat menyimpan hasil screenshoot yang nantinya bisa kita bagikan melalui jenis aplikasi seperti Microsoft. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

* Mengambil Screenshoot Pada Satu Jendela yang Sedang Terbuka

 1. Pertama-tama, silahkan klik bagian aplikasi atau jendela yang hendak kamu ambil rekaman layarnya. Pastikan juga bahwa jendela tersebut berjalan di depan (bukan di belakang aplikasi lain). 

2. Jika sudah demikian, tekam kombinasi tombol alt + print screen

3. Setelah itu buka Microsoft Paint

4. Tekan tombol ctrl + v utuk memindahkan tangkapan layar ke atas kanvas MS Paint

5. Nantinya kamu dapat menyimpan hasil tangkapan layar atau menyuntingnya untuk digunakan pada aplikasi lain. 

* Manfaatkan Snipping Tool Untuk Mengambil Bagian Layar Tertentu

 Perlu kamu ketahui, bahwa program bawan seperti Windows Snipping Tool bisa digunakan untuk mengambil bagian tertentu dari layar Windows 10 yang sedang terbuka. Adapun mengenai caranya seperti berikut:

1. Gunakan kotak search dan ketik “Snipping Tool” dalam kotak tadi

2. Nantinya ada sebuah kotak dialog program yang terbuka, kemudian klik “New” pada Snipping Tool

3. Setelah itu pilih “Free-form Snip” atau “Rectangular Snip”

Free-form Snip itu sendiri berfungsi untuk membantumu menangkap layar dalam bentuk kotak. Sedangkan Rectangular Snip berfungsi untuk menggambar di atas layar, dan menangkap bagian manapun yang kamu inginkan pada layarnya. 

4. Jika sudah selesai, kamu pun bisa langsung menyimpan hasil tangkapannya di dalam hard disk dan bisa digunakan sesuai kebutuhan.

* Manfaatkan Game Bar (Khusus Para Gamers)

Tak sedikit dari para gamers yang ingin mengabadikan momen di dalam game favoritnya, yang kemudian akan di share ke berbagai media sosial. Apakah kamu juga termasuk salah satunya? Jika iya, maka cara screenshoot untuk para gamers di PC Windows 10 seperti berikut:

1. Silahkan ketik kombinasi tombol Windows Key + G

2. Klik bagian tombol “Camera” untuk engambil gambar

3. Setelah game bar terbuka, kamu juga dapat melakukannya dengan menekan kombinasi tombol Windows + Alt + Print Screen

4. Nantinya kamu akan melihat notifikasi berupa pemberitahuan mengenai screenshoot sudah tersimpan. 

Bagaimana, sangat mudah dan simple bukan?

Nah, itulah beberapa cara screenshoot di PC Windows 10, yang mungkin saja kamu tertarik untuk mencobanya sendiri.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *