Begini Tips Memilih Mana Buah Naga Berkualitas Dan Manis

Buah Naga Merah kg - Majukan Perekonomian Lokal | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Buah Naga merupakan salah satu jenis buah yang sangat unik karena buah naga ini berbeda dari buah buahan yang lainnya. Selain karena rasa buah naga ini yang cukup manis, buah naga juga menyegarkan dan sering menjadi tambahan sop buah atau es buah.

Tetapi anda harus bisa memilih mana buah naga berkualitas dengan tepat. Jadi, tidak sembarang bisa dipilih buah naga ini. Kalau salah pilih, anda mungkin akan mendapatkan buah naga yang masih belum matang atau rasanya yang kurang manis.

Agar tidak salah pilih, simak tips-tips berikut ini yang bisa kalian ikuti untuk memilih mana buah naga berkualitas dan manis.

  • Pilih yang warnanya merah magenta

Aspek yang harus anda perhatikan yaitu warna kulitnya. Pilihlah saja buah naga yang memiliki warna merah magenta menyala terang pada kulit buah naga tersebut. Pastikan warna tersebut juga menyeluruh bukan hanya pada beberapa sisi saja.

Warna tersebut menunjukan kalau buah naga tersebut telah matang dengan baik. Pilih juga buah naga dengan kulit mulus mengkilap. Hindari membeli yang kulitnya sudah tersayat atau berlubang.

  • Periksa padat atau tidaknya batang buah naga

Kalian perlu cek kepadatan batangnya untuk mengetahui tingkat kematangan. Pada umumnya, kalau sudah matang, maka buah naga memiliki batang lunak. Batang seperti itu menunjukan kalau buah naga siap dipanen.

  • Memeriksa bagian sisik buah

Pada dasarnya, buah naga mempunyai tampilan unik, sisik buah naga ini hampir menutupi semua permukaan. Anda bisa mengamati tekstur dan bentuk sisik buah ini untuk bisa tahu buah mana yang manis.

Pilih buah naga yang memiliki sisik sedikit layu atau tidak keras tetapi tetapi berwarna cerah. Hindari buah naga yang ujung sisiknya kecoklatan. Karena warna tersebut merupakan tanda buah naga kurang maksimal tumbuhnya atau bisa juga sudah lama disimpan.

  • Periksa kekenyalan daging buah naga

Ada cara lainnya yaitu dengan coba menekan buah untuk memeriksa seperti apa kekenyalan dagingnya. Misalnya seperti alpukat, dari semakin matangnya buah naga, maka dagingnya akan makin kenyal dan empuk.

Maka dari itu, pilih buah naga dengan daging empuk saat ditekan. Kalau memang masih keras, maka berarti buah tersebut masih asam dan belum matang.

  • Cium aromanya

Ada cara selanjutnya yang cukup umum dilakukan saat memilih buah termasuk buah naga adalah dengan cara mencium aromanya. Tips ini bisa diterapkan ketika kalian memilih jenis buah lainnya juga.

Kalau ingin buah naga manis, maka pilih yang aromanya tropis dan ringan. Ciri aroma ini bisa menunjukan buah itu sudah matang serta memiliki rasa menyegarkan. Itu saja tips yang perlu kalian perhatikan pada saat membeli buah naga agar bisa memilih buah naga segar dan manis.

Tentunya tips-tips di atas dapat kalian terapkan baik itu untuk jenis buah naga yang merah maupun yang putih. Lebih baik jangan langsung tertipu akan penampilan buah naga saja. Kalau hanya warna merah dan menyala saja tak cukup menentukan kematangan atau tingkat kemanisan buah tersebut.

Kalau anda ingin mencari buah naga berkualitas, maka bisa coba memakai TaniHub. Keberadaan TaniHub ini sendiri mendukung petani untuk mendapat akses pasar terbaik dan harga-harga produk pertanian di TaniHub ini sangat bersaing. Selain buah naga, tentunya kalian bisa menemukan ragam jenis buah lain termasuk sayur-sayuran dan kebutuhan dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *