Jajanan Pasar Jakarta - Kuliner Jogja Murah Meriah

Garang Asem

Garang Asem Kudus

on

garang-asem-kudus

GARANG asem ayam khas Kudus memanglah tak lahir di kota santri ini. Banyak yang menyampaikan, masakan ini datang dari Purwodadi, satu kabupaten di selatan Kudus.
Diberi nama Garang Asem Ayam Kudus lantaran mendatangkan kelezatan tidak sama di banding bikinan kota lain. Penasaran dengan cita rasa khasnya? Untuk anda yang pulang ke kampung halaman lewat jalur Pantura serta melalui Kudus, tidak ada kelirunya singgah ke Rumah Makan Sari Rasa di Jalan Agil Kusumadya.
Sari Rasa sama dengan garang asem. Rumah makan yang sudah berumur kian lebih 40 th. ini populer di kelompok penggemar kuliner sebagai penyaji garam asem yang fresh nan pedas. Satimin, juru masak yang sudah mengabdi di Sari Rasa mulai sejak th. 1986, menyampaikan rumah makannya memakai ayam kampung untuk memperoleh cita rasa gurih.
” Mahal murah, kami senantiasa tentukan ayam kampung, ” katanya sembari meramu bumbu, Minggu siang.
Garang asem dapat dikelompokkan sebagai sup ayam kampung. Kuahnya berbumbu basic bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai rawit, serta tomat hijau. Sesudah dihaluskan, bahan tadi dituangkan ke air dalam baskom besar serta di beri penambahan
potongan tomat hijau kasar serta cabai rawit.
Setelah itu, potongan ayam kampung serta bumbu kuah dimasukkan ke wadah memiliki bahan daun pisang. Sistem memasak berlanjut ke perebusan sepanjang 1, 5 jam. Sekali Memasak, Satimin dapat membuahkan 120 bungkus garang asem. Jumlah yang banyak
didapat lantaran panci rebusan dapat disusun sampai empat tingkat. Sari Rasa mempunyai empat
kompor besar di dapurnya.
Ada tiga pilihan garang asem, yaitu garang asem ayam, jeroan, serta ceker. Satu porsinya dihidangkan berbarengan sepiring nasi putih panas. Sensasi pertama saat mencicipi garang asem khas Sari Rasa yaitu pedas. Dianjurkan, bila tidak kuat menahan pedas, anda dapat pesan tingkat kepedasannya dimuka.
Kuah garang asem ini bercita rasa gurih serta asam. Kegurihannya datang dari sari pati ayam yang di rebus berbarengan kuah. Disamping itu keasamannya didapat dari tomat hijau.

Dua bahan berikut, yang menurut Satimin, adalah kunci kelezatan otentik garang asem Sari Rasa. Sebagai rekan makan, di meja makan ada krupuk udang, kripik tempe, serta tahu bakso. Anda cukup keluarkan Rp 23 ribu rupiah untuk seporsi garang asem ini.

Rumah Makan Sari Rasa
Jl. Agilkusumadya No. 20, Kudus Telp. 0291-442218
Menu Andalan: Garang Asam (Rp. 17.500)
Jam Buka: 07.00 – 21.00

Be Sociable, Share!

    Recommended for you

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


    *