Gudeg Mangar – Jogjakarta

0
190

Manggar Manding – Jogjakarta
Jl. Parangtritis KM.11,5, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55781, Indonesia
Telp : 0274 368 707

gudeg mangar

Jogja juga sebagai kota gudeg terasa yaitu pakem yang tidak dapat ditukar. Siang malam sepanjang 24 jam kita bakal dengan gampang menjumpai penjualnya di tiap-tiap pojok kota, tak tahu di warung lesehan atau restoran yang nyaman. Nangka muda yang dimasak berbarengan santan serta gula merah sepanjang berjam-jam sampai merasa legit jadi menu harus untuk wisatawan yang datang.

Tetapi, tahukah Anda bahwa tidak cuma nangka muda yang dapat jadikan gudeg? Sempatkah mendengar perihal gudeg berbahan bunga kelapa yang masih tetap muda? Dialah gudeg manggar, nama yang kalah tenar dari gudeg nangka. Keberadaannya juga saat ini sudah langka. Namun tidakkah yang langka itu pasti istimewa?

Histori gudeg manggar yaitu suatu narasi panjang, nyaris selama 500 th. histori Kerajaan Mataram Islam. Suatu kerajaan yang pernah kuasai nyaris semua lokasi Pulau Jawa serta Madura. Kisahnya berawal dari Sekar Pembayun, putri Panembahan Senopati yang sukses menikah dengan Ki Ageng Mangir Wanabaya, penguasa daerah Mangiran yang mau dikalahkan ayahnya. Waktu tinggal di daerah ini, Sekar Pembayun lihat terdapat beberapa pohon kelapa yang tumbuh. Jadi ia berinisiatif memproses bunganya untuk jadikan makanan. Ibu Mooryati Soedibyo, pakar kecantikan tradisional sekalian kerabat keraton ini menyampaikan bahwa konsumsi gudeg manggar dapat menimbulkan kecantikan luar serta dalam atau klimis dalam arti Jawanya.

Walau gudeg manggar yaitu pusaka kuliner Jogja yang langka, tetapi bukanlah bermakna kita tidak dapat menikmatinya. Datanglah ke Bantul, kampung halaman dari kuliner istimewa ini. Sambangilah rumah Makan Manggar Manding, disini kita bisa nikmati sajian gudeg manggar yang lezat. Bunga pohon kelapa yang masih tetap muda dimasak berbarengan santan serta berbagai bumbu sampai berjam-jam lamanya. Manggar yang gampang hancur juga perlu ketelatenan supaya membuatnya terus merasa teksturnya. Cuma dengan kesabaran tinggilah seporsi gudeg manggar yang di sajikan berbarengan sayur krecek serta tahu bacem dapat kita nikmati. Tidak sama dengan gudeg nangka biasanya yang merasa legit, gudeg manggar manding tawarkan rasa gudeg gurih yang ramah untuk lidah.

Tempat yang luas serta bersih juga sangatlah pas apabila kita mau membawa kolega atau rombongan. Terdapatnya ruangan pertemuan sangat mungkin untuk mengadakan acara tanpa ada butuh bingung pikirkan masalah mengkonsumsi lantaran disini juga terdapat banyak menu lain yang tidak kalah lezatnya. Coba gurame organik hasil dari petani gurame yang membesarkan ikan-ikannya tanpa ada terkontaminasi dengan pakan olahan pabrik. Untuk minuman janganlah melupakan teh batok, teh yang digabung dengan bermacam rempah ini nikmat di sajikan dingin atau panas.

Be Sociable, Share!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    *