Gudeg Mercon Bu Tinah – Jogjakarta

0
236

Gudeg Mercon Bu Tinah – Jogjakarta (Buka 21.00)
Yogyakarta, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233, Indonesia
Telp : 0878 0418 7537

gudeg mercon bu tinah

Gudeg makanan khas Yogya ini memanglah sama dengan citarasanya yang manis. Tetapi, bila mau coba sensasi tidak sama dari Gudeg, Anda dapat mencicipi Gudeg Mercon Bu Ngatinah di Kranggan, yang masih tetap dekat dengan Tugu Yogya.
Ada di pinggir jalan Jalan Kranggan, tenda simpel seukuran 2 x 1, 5 mtr. terlihat dipadati konsumen di satu pojok jalan. Warungnya memanglah simpel, cuma bermodalkan suatu meja besar tempat menempatkan semua racikan gudeg merconnya, dikelilingi kursi kursi plastik untuk pengunjung yang mau makan sambil bercakap dengan Bu Ngatinah, yang ramah menyikapi tiap-tiap pembelinya. Untuk yang datang beramai ramai, dapat lesehan di trotoar seberang jalan sambil bersantai nikmati situasi malam Yogya. Yang istimewa dari Gudeg Mercon Bu Tinah yaitu citarasa pedasnya yang demikian nendang.
Gudeg manis pasti hal umum, namun gudeg yang manis, gurih serta pedas mungkin saja surprise sendiri untuk beberapa penggemar kuliner tradisional. Bu Ngatinah sang yang memiliki serta pendiri warungnya mengakui mengolah sendiri resep merconnya, yang bikin gudeg yang satu ini istimewa. ” Di semua Yogya, gudeg seperti ini ya hanya ada disini, ” papar Bu Tinah tersenyum.
Legit manisnya gudeg masih tetap merasa demikian kental ditambah dengan kuah arehnya yang gurih. Namun, sensasi pedas segera menyeruak saat mencicipi merconnya yang dituangkan diatas nasi. Nah, mercon inilah resep andalan Bu Ngatinah yang istimewa. Berbentuk sayur tempe serta potongan cabai hijau, ditambah krecek dengan cabai rawit merah ini berikan sensasi lain pada ritual makan gudeg Yogya. ” Mulai sejak warung ini berdiri seputar 20 th. lantas, saya senantiasa memasak gudeg ini sendiri, ” tutur Ngatinah yang duduk di samping putrinya, Parni.
Tiap-tiap konsumen yang datang pasti ditawari segera oleh Ngatinah lauk apapun yang di idamkan. Satu jumlah standard diisi nasi, gudeg, ditambah mercon, bihun goreng, krecek, cabe rawit utuh serta disiram dengan kuah areh yang gurih. Lalu untuk lauknya, konsumen dapat pilih tahu, ayam suwir, kepala, ati ampela, sayap, paha, maupun telur ayam. Masih tetap kurang komplit, wanita asli Boyolali ini dapat sediakan sate ayam, beragam gorengan serta kerupuk. Harga nya bergantung dari gabungan lauknya, sekitar pada Rp 15 ribu sampai Rp 20-an ribu per jumlah.
Berdampingan dengan warung nasi kuning opor Bu Tuminem, Warung Gudeg Mercon Bu Tinah umum buka seputar jam 21. 00 WIB sampai tengah malam. ” Pokoknya hingga habis, dapat hingga jam 2 malam, ” tukas wanita yang tinggal di daerah Jenggotan, Yogya ini.
Walau buka tengah malam, kenyataannya Warung Gudeg Mercon Bu Tinah ini senantiasa diburu orang-orang, terlebih beberapa wisatawan yang mau mencicipi enaknya kuliner khas Yogya. Bu Tinah telah tak kaget merasakan sebagian artis ibukota datang ke warung sederhananya umpamanya saja Julia Perez, Tessi serta almarhum Mbah Surip.

Be Sociable, Share!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    *