Jajanan Pasar Jakarta - Kuliner Jogja Murah Meriah

Article

Jajanan Kuliner Semarang

on

Semarang dengan pesona kota pesisir Jawa Tengah ini menyimpan berbagai kekayaan Jajanan Kuliner Semarang yang wajib dinikmati oleh siapa pun yang datang. Kali ini kita akan menjelajahi dan mencicipi berbagai Jajanan Kuliner di Semarang.

 

Es Congklik

es-conglik

Kalau lagi kepanasan di Kota Semarang, inginya adalah minum air Es. Di Semarang suhunya lumayan panas karena kotanya berdekatan dengan laut Jawa.

Nah kalau pas jalan-jalan di Kota Semarang lagi kehausan, bisa mencoba es congklik.  Menu es congklik ada beberapa variasi rasa seperti durian, kelapa muda, leci, alpukat, tapai dan cokelat. Es congklik ini jajanan kuliner Semarang paling digemari lho.

Satu porsi Es Congklik  tiga belas ribu rupiah sampai dua puluh ribu rupiah, tergantung rasa Es Congklik. Di kota Semarang Es Congklik bisa ditemui di samping hotel Citraland Simpang Lima dan di Jalan KH. Ahmad Dahlan.

 

Lumpia Semarang

lumpia-semarang

Salah satu jajanan kuliner Semarang paling gurih sedap  adalah Lumpia Semarang. Memang, Lumpia merupakan salah satu kuliner idetik dengan makanan khas orang-orang China. Tapi di Kota Semarang Lumpia merupakan kuliner milik seluruh warga Semarang.

Lumpia semarang rasa sangat lezat dan berbeda dengan lumpia pada umumnya. Perbedaannya adalah pada rempah-rempah yang digunakan. Lumpia umumnya di isi dengan sayur-mayur. Lumpia Semarang berisi udang dan daging.

Bumbu yang digunakan untuk membuat jajanan kuliner Semarang yang satu ini yaitu Tepung terigu sebagai kulit lumpia. Dan olahan isi berbumbunya seperti rebung, daging ayam, minyak goreng, daging udang, telur ayam, touge, daun bawang, dan bawang putih, minyak goreng.

Harga satu lumpia memang lumayan mahal tapi tak kalah dengan rasanya yang bikin momolagi, satu lumpia seharga Rp.10.000,-. Lumpia bisa ditemui di Gang Lombok dekat Klenteng Tay Kak Sie, Samawis. Lumpia enak disantap dengan kecap dan saos cabe.

 

Roti Ganjel Rel

ganjel-rel

Roti Ganjel Rel merupakan salah satu jajanan kuliner Semarang yang sangat terkenal. Rotinya berwarna coklat. Disebut roti ganjel rel karena bentuknya seperti ganjelan rel. Aromanya sangat khas yaitu aroma kayu putih.

Roti Ganjel Rel dengan bahan baku tepung tapioka, gula nira, susu, gula, margarin, air, wijen, dan kayu manis untuk menambah aroma.

Roti ini merupakan sajian wajib sebelum dilaksanakan puasa ramadhan. Namun, pada hari biasa kita tidak akan sulit mencari jajanan kuliner Semarang satu ini, karena roti genjel rel ada dijual di pusat -pusat kuliner kota Semarang dengan harga sekitar dua puluh ribu rupiah per kotak.

 

Pisang Plenet

pisang-plenet

Menu pisang di Kota Semarang sangat sepesial sekali. Salah satu jajanan kuliner Semarang berbahan buku pisang adalah pisang goreng plenet. Disebut pisang goreng plenet karena bentuknya pipih tipis.

Goreng pisang plenet berbahan dasar, Bahan-bahan :pisang kepok,  mentega, selai, gula bubuk, meses coklat, madu, susu. Para penikmat yang ingin menyantap Pisang Plenet tergantung hoby menikmati rasa, madu, susu, coklat, keju atau orisinil, bisa dipesan ke pejual pisang plenet.

Jajanan kuliner Semarang ini bisa ditemui di Semawis, jalan Pemuda samping gedung lawang sewu, sepanjang jalan Gajahmada yang dijual dengan menggunakan gerobak -gerobak. Dengan harga Rp. 8.000,-.

 

 

Be Sociable, Share!

    Recommended for you

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


    *