Jajanan Pasar Jakarta - Kuliner Jogja Murah Meriah

Article

Jajanan Kuliner Surabaya

on

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Selain menawarkan ragam dinasti wisata, situs sejarah, kota pahlawan ini juga menyimpan kekayaan kuliner khas dan unik yang akan memanjakan lidah para pecinta makan. Kali ini kita akan berburu ragam jajanan kuliner Surabaya, ayo rek.

Rujak Cingur

rujak-cingur

Rujak cingur, Ini rujak sangat special merupakan jajanan kuliner Surabaya yang sangat laris manis. Mulai bumbu dan potongan rujaknya sangat khas dan berbeda dengan rujak pada umumnya. jika terlintas dalam pikaran rujak itu potongan-potongan buah seger dengan bumbu kacang pedas, wah kali ini sama sekali bukan.

Rujak cingur bahan utamanya adalah cingur, hidung sapi atau kerbau yang sudah direbus lunak nan lembut kemudian dipotong-potong. Dicampur dengan potongan lontong, sayuran hijau, toge, timun, pare, bengkuang, mangga muda. Kemudian disiram dengan saos petis pedas.

Bumbu petisnya pun sangat unik, diulek langsung saat memesannya. Cabe rawit, garam, gula merah, kacang tanah goreng, potongan pisang kepok muda dan pastinya petis, diulek dan sedikit tambahan air. Rasanya maknyus pooll, rasa dominannya gurih asem pedas menggoyang lidah.

Sebagai jajanan kuliner Surabaya asli rujak cingur sangat mudah ditemukan dimana saja, mulai dari warung pingiran jalan, mall dan resto bahkan ada yang menjajakan dari gang ke gang. Gimana ada yang berani mencicipi rujak cingur.

Semanggi

semanggi

Satu lagi jajanan kuliner Surabaya yang sangat unik rasanya, dibuat dari daun semanggi. Daun sayuran hijau dengan aroma khas dan dipercaya punya khasiat luarbiasa. Daun semanggi yang sudah direbus, dicampur dengan toge, potongan tahu, kemudian disiram dengan bumbu. Yang unik racikan bumbunya yaitu dibuat dari ubi ketela rebus kemudian diulek bersama cabe rawit, garam, gula jawa, rempah lainya.

Biasanya jajanan kuliner Surabaya ini disajikan dalam bungkusan daun setengah terbuka, dengan siraman bumbu yang meleleh dan ditutupi kerupuk opak besar. Mmm rasanya dan aromanya sangat khas.

Semanggi biasanya dijajakan oleh ibu-ibu dengan menggunakan bakul di punggungnya, sepanjang jalan dan gang di Surabaya. Jika hari minggu pagi di taman bungkul Surabaya, bakul-bakul semanggi ada di setiap sudut taman. Ada yang ingin coba sarapan dengan semanggi.

Tahu Tek

tahu-tek

Tahu tek rekomendasi banget jika ingin mencicipi jajanan kuliner Surabaya selanjutnya. Sepiring tahu tek berisi tahu goreng, telur, lontong, kentang yang digunting. Ya tahu tek ini semua bahan-bahannya digunting dengan bunyi tek tek tek, maka dari itulah dinamakan tahu tek. Tidak dipotong atau diiris seperti penganan lainnya.

Kemudian disiram dengan bumbu petis dan taburan daun seledri. Ditambahkan dengan kerupuk saat disajiikan. Walaupun penampilanya sederhana dengan harga sangat terjangkau seporsinya. Tahu tek ini jajanan kuliner Surabaya yang sangat populer dan digemari di Surabaya. Rasanya yang jleep bikin ketagihan, apalagi sepiring tahu tek hangat dimakan saat malam-malam gerimis.

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


    *