Article

Jajanan Pasar Enak di Jakarta Tradisional Sederhana

on

Ibukota Indonesia sebagai pusat metropolitan juga menyimpan berbagai jajanan enak yang wajib dicicipi. Di beberapa pusat pasar tradisional masih menyediakan berbagai olahan jajanan pasar enak di Jakarta yang gak boleh ketinggalan untuk dicoba.

Bubur Ayam Barito

bubur-ayam-barito1

Bubur ayam memang menjadi salah satu menu favorit dengan citarasa special dan juga termasuk jajanan pasar enak di Jakarta yang sangat lezat dan diminati, baik untuk sarapan maupun jajanan berat.
Sebuah tempat makan yang bernama Bubur Ayam Barito yang terletak di Jalan Gandaria Tengah 3, Jakarta. Bubur Ayam ini menyajikan rasa yang istimewa mempunyai tekstur yang lembut dan juga kental, ditambah dengan bawang goreng, kacang, potongan daging ayam merah, ayam suwiran, taburan keju dan juga telur ayam kampung.
Untuk harganya pun tidak terlalu mahal yakni berkisar hingga 13.000 rupiah. Tempat makan ini buka mulai dari jam 7 pagi hingga tengah malam, jadi bisa kapan saja datang untuk menyantap bubur ayam barito ini.

Bolu Kukus

bolu-kukus1

Salah satu jajanan pasar enak di Jakarta yaitu kue Bolu Kukus, Jajanan ini terdapat di pasar rebo, dan di pasar senen. Bolu Kukus merupakan salah satu makanan khas Nusantara. Kalo ingin memburu bolu kukus yang lezat dan varian yang banyak bisa mengunjungi pasar kue subuh di pasar senen.
Bahan baku bolu kukus ini adalah tepung terigu atau tepung beras, gula, pewarna kue, ragi setelah menjadi adonan dimasukan dalam cetakan. Cara memasaknya dikukus. Ada banyak variasi bolu kukus, bolu kukus coklat, bolu kukus ubi, bolu kukus taro, ketan hitam dengan berbagai bentuk dan warna. Untuk harga jajanan ini sangat terjangkau.

Kue Basah

juakuebasah1

Kue basah juga jajanan pasar enak di Jakarta, salah satu kue basah dikenal kue lapis atau kue pepe dan hun kue. Untuk bahan kue basah jenis kue lapis dibuat dari tepung beras atau tepung sagu dicampur gula. Tepung yang sudah diolah dimasukanan dalam cetakan diberi perwana kue. Sehingga lapisan demi lapisan kue warna – warni, kue ini rasanya manis dengan tekstur lentur kenyel-kenyel.
Kue basah ini juga bisa ditemukan di pasar senen yang menyediakan berbagai jenis kue basah dan kue-kue tradisional lainya. Dengan tawaran harga yang sangat terjangkau.

Asinan Betawi

Asinan-Betawi

Asinan betawi juga merupakan jajanan pasar enak di Jakarta yang rasanya sangat memanjakan lidah dan bakalan bikin ketagihan. Campuran tahu rebus, mentimun, potongan kubis, toge dan tambahan potongan mangga muda.
Yang kemudian disiram dengan kuah bumbu special yang siap nendang banget. Bumbu kacang yang diulek dengan cabe rawit, garam, bawang merah, sedikit terasi dan cuka. Akan memberi rasa gurih pedas seger yang bikin asinan betawi dengan cita rasa special.

Be Sociable, Share!

    Recommended for you

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *