Jajanan Pasar Jakarta - Kuliner Jogja Murah Meriah

Article

Jajanan Pasar Jakarta

on

Jakarta sebagai kota metropolitan menawarkan berbagai jenis kuliner lezat mulai dari menu bintang lima sampai jajanan pasar Jakarta. Kali ini kita akan menelusuri lorong-lorong ibukota untuk hunting dan mencicipi jajanan pasar Jakarta yang terkenal unik dan leziit.

 

Laksa Betawi

laksa-betawi

Jajanan pasar Jakarta sangat banyak pastinya, apalagi Jakarta sebagai pusat ekonomi dan pemerintah Republik Indonesia. Salah satu jajanan pasar  Jakarta dengan cita rasa unik dan berbeda yaitu laksa betawi. Laksa ini berbentuk kari laksa.

Rasa laksa betawi termasuk makanan special, karena jajanan ini terbuat dari bahan-bahan yang lezat seperti mie, perkedel ikan, kerang, udang, tauge cincang dicampur dengan kuah santan.

Zaman dulu laksa betawi hanya di nikmati oleh orang-orang China. Sehingga lebih terkenal di kalangan orang keturunan China dibandingkan orang Betawi. Namun, sekarang laksa betawi bisa dinikmati semua kalangan di Jakarta. Jangan lupa jika sedang di Jakarta untuk menikmati jajanan pasar Jakarta sepiring laksa betawi yang gurih sedap.

 

Soto Tangkar

soto tangkar

Selain soto betawi jajanan pasar Jakarta yang bikin ngiler dan ketagihan yaitu soto tangkar. Walaupun kedengaran langka di telinga kita soto tangkar sering dijadikan salah satu menu pada acara-acara besar terutama pada hari raya.

Jangan khawatir soto tangkar mudah ditemui di pasar-pasar tradisional di Jakarta dan di restoran berkelas. Jajanan pasar Jakarta ini sangat enak lezat gurihnya memikat karena merupakan perpaduan rempah-rempah yang dapat menghangatkan tubuh.

Campuran seperti iga sapi, air, minyak untuk menumis secukupnya, daun salam, lengkuas, serai, santan kelapa kental, jintan, kemiri, cabe merah, bawang putih, ketumbar, marita, gula merah, garam penyedap rasa. Perpaduan daging sapi dan rempah-rempah inilah yang membuat sensasi sendiri saat merasakan kelezatan soto tangkar.

Jika pembeli ingin menikmati jajanan pasar Jakarta yang super ajib semangkok soto tangkar dengan rasa yang lebih pedas, bisa ditambah sambal cabe. Atau ingin sedikit manis tambahkan kecap secukupnya. Pasti rasanya manyus. Supaya perut kenyang santap soto tangkar dengan sepiring nasi dan kerupuk.

 

Nasi Ulam

nasi ulam

Nasi ulam ini merupakan jajanan pasar Jakarta yang banyak diminati oleh penduduk asli Jakarta. Nasi ini awalnya di buat oleh orang Betawi, penduduk asli Jakata memang memiliki kuliner yang sangat banyak salah satunya nasi ulam.

Nasi ini menjadi Jajanan pasar Jakarta Lezat dan gurih bagi penikmat nasi rempahan karena perpaduan rempah-rempah khas betawi, beras. Air, serai, lengkuas, daun salam, garam, serundeng kelapa parut, jinten, cabe merah, garam, minyak goreng gula merah, serai, bawang putih, bawang merah dan ketumbar.

Nasi ulam ini, memang dimiliki oleh masyarakat Nusantara, makanya di Malaysia dan Sumantara mudah ditemui juga. Jika ingin menikmati nasi ulam di Jakarta bisa datang ke warung makan bu Yoyo di Kuningan tepatnya di Jalan Dogol dan Jalan Sabang, harganya bervariasi mulai dari 20.000 sampai Rp.40.000 rupiah per porsi.

 

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


    *