Kandungan Serta Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

https://mdm.tanihub.com/images/10008/product/1600056028-1609070999-1.jpeg

Salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia adalah wortel. Wortel ini biasanya disajikan sebagai bahan pelengkap sup, acar, gado-gado, dan lain sebagainya.

Selain itu, wortel juga banyak mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, di antaranya :

  • Vitamin dan Mineral

Wortel memang dikenal sebagai sayuran yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan wortel mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, pertumbuhan, perkembangan, serta fungsi kekebalan tubuh. Terdapat pula kandungan vitamin B6 yang berperan dalam mengubah makanan menjadi energi.

Selain itu, jenis sayuran ini juga mengandung biotin yang berfungsi dalam metabolisme lemak dan protein. Bukan hanya itu, terdapat pula vitamin K1 yang berperan penting untuk pembekuan darah serta meningkatkan kesehatan.

Selain vitamin, pada wortel juga terdapat mineral berupa kalium yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah. 

  • Karibohidrat

Selain vitamin dan mineral, wortel juga mengandung karbohidrat dengan indeks glikemik yang rendah sehingga tidak menimbulkan peningkatan kadar gula dalam darah setelah mengkonsumsinya. Maka dari itu, wortel ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  • Serat

Perlu diketahui bahwa pada wortel terdapat serat pektin, Lignin, hemiselulosa, dan selulosa. Yang mana, semua serat tersebut bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara memperlambat pencernaan pati dan gula.

Bukan hanya itu, semua serat tersebut juga berfungsi memberi makan pada bakteri baik di usus sehingga mampu mencegah terjadinya sembelit serta meningkatkan kesehatan usus.

  • Senyawa Lainnya

Ada banyak senyawa pada wortel ini, seperti likopen, lutein, karotenoid, anthicyanin sebagai antioksidan, beta karoten dan alpa karoten, serta poliasetilenes yang mampu melindungi tubuh dari sel kanker.

Lalu apa manfaat wortel untuk kesehatan? Berikut manfaat wortel untuk kesehatan :

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat wortel yang pertama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami, anda bisa coba mengonsumsi wortel yang dikombinasikan dengan ketumbar. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menunjukan bahwa sup wortel dan ketumbar bisa mempertahankan daya tahan tubuh sehingga anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus.

  • Antiradang

Dengan kandungan vitamin serta mineral yang dimilikinya, wortel sangat bermanfaat sebagai antiradang. Dimana, ekstrak wortel diklaim mampu mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan manfaatnya hampir sejajar dengan mengonsumsi obat-obatan seperti celecoxib, naproxen, aspirin, dan ibuprofen.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat wortel berikutnya adalah menjaga kesehatan otak. Ternyata wortel juga bisa membantu menjaga kesehatan otak. Dengan mengkonsumsi wortel dapat memperbaiki daya kognitif (kemampuan berfikir) dan daya ingat seseorang.

  • Menjaga Kesehatan Mulut

Selain untuk kesehatan mata, wortel juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mulut. Dengan mengkonsumsi wortel seelah makan dipercaya dapat mengurangi risiko timbulnya gigi berlubang. Hal ini dikarenakan wortel dapat membantu meningkatkan produksi air liur guna membersihkan gigi.

  • Melawan Efek Radikal Bebas

Manfaat wortel yang terakhir adalah untuk melawan radikal bebas. Perlu diketahui bahwa wortel ini merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga wortel ini berfungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak tubuh dari dalam.

Begitu banyak manfaat wortel untuk kesehatan, mulai hari ini yuk biasakan untuk mengkonsumsi wortel secara rutin dan teratur. Untuk mendapatkan wortel yang segar anda bisa membelinya di TaniHub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *