Jajanan Pasar Jakarta - Kuliner Jogja Murah Meriah

Article

Kuliner di Semarang

on

Ibukota Jawa Tengah ini menawarkan berbagai wisata sejarah mulai dari gedung lawangsewu, bangunan peninggalan panglima chengho dan berbagai situs sejarah lainnya sebagai simbol kota Semarang. Jalan-jalan berkeliling kota Semarang belum lengkap rasanya jika belum mencicipi berbagai kuliner di Semarang.

Tahu Gimbal

tahu-gimbal

Gimbal di kota Semarang tidak identik dengan rambut lo… gimbal di kota Semarang juga di identikan dengan makanan makyus salah satu kuliner di Semarang yaitu tahu gimbal. Tahu gimbal ini merupakan perpaduan bumbu dan campuran telur, tahu iris, lontong, kerupuk udang, irisan kol, telur goreng mata sapi, disiram dengan bumbu kacang tanah dan daun saledri. Bisa juga pada tahu gimbal ditambah toge rebus jika mau.
Berbagai campuran dijadikan satu dalam piring, bagi yang hobi kerupuk dan kecap bisa dicampur sendiri. Untuk rasa pedas masing-masing bisa pesan pada pedagannya.
Tahu Gimbal yang paling terkenal di kota Semarang adalah di depan Masjid Arrahaman kota Semarang. Bukan hanya jemaah masjid saja yang menikmati tahu gimbal, tetapi masyarakat umumnya juga datang ke sana untuk menyantap tahu gimbal.
Selain di depan masjid Arrahman, tahu gimbal menu favorit kuliner di Semarang bisa ditemui di pusat kuliner Kota Semarang seperti pasar Samawis, alun-alun ataupun Kota Lama. Untuk satu porsi tahu gimbal sangat murah, hanya Rp.12.000 – Rp.15.000,-/Porsi.

Sate Kambing Bustaman

sate-kambing-bustaman

Nama Bustaman sangat identik dengan kuliner di Semarang. Mengapa dinamakan sate Bustaman, karena bukan hanya pembuatnya saja yang bersal dari kampong Bustaman, tetapi daging sate kambing dan rempahnya juga berasal dari kampung Bustaman.
Sate kambing Bustaman, merupakan perpaduan rempah-rempah khas Jawa, Arab dan Gujarat. Karena warga yang tinggal di kampung Bustaman merupakan alkuturasi Budaya Jawa-Arab dan India, yang sekarang menjadi kuliner di Semarang yang sangat diminati.
Jangan tertipu ya, kalau mau makan Bustaman asli, tanyakan dulu apakah si penjualnya berasal dari kampung Bustaman atau bukan, kalau bukan berasal dari kampung Bustaman sudah dipastikan, si pejual hanya pinjem merek saja.
Sate kambing Bustaman, rempah-rempahnya sengaja di racik oleh warga Bustaman. Kambingnya juga berasal dari kampung Bustaman. Walau kampung Bustaman ada di tengah Kota Semarang, tetapi dilorong-lorong gang kampung Bustaman pasti ditemui kandang kambing. Yang kini sudah menjadi salah satu icon pusat kuliner di Semarang.
Resep sate Bustaman adalah bumbu kacang tanah,cabe, bawang dan sedikit daun soup. Setelah daging kambing dipotong, ditusuk dengan bambu, selanjutnya dibakar. Setelah matang, daging kambing tersebut dicampur dengan rempah kacang tanah yang telah digoreng, timun, bawang, cabe, dan lain-lain.
Harga satu porsi sate bustaman Rp. 15.000,- 20.000,- tergantung lokasi. Untuk mendapatkan sate Bustaman, bisa langsung datang ke kampung Bustaman, Kota Lama, Samawis atau Alun-alun kota Semarang.

Bandeng Presto

bandeng-presto

Kota Semarang merupakan kota pesisir yang berbatasan langsung dengan lautan. Wajar saja kuliner di Semarang kaya dengan makanan berbahan pokok berasal dari laut atau Seafood, salah satunya bandeng presto.
Bandeng presto kota Semarang masih sangat segar, karena ikan bandeng diambil dari tambak-tambak yang berada di sekitar kota Semarang.
Ikan bandeng untuk dijadikan presto dimasak menggunakan panci degan suhu tertentu sehingga daging ikan menjadi gurih dan tulang-tulang menjadi renyah.
Bandeng presto ini menjadi kuliner di Semarang dan bisa dijumpai di pusat kuliner kota Semarang seperti jalan Pandanaran, dengan harga bervariasi.

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


    *