Jajanan Pasar Jakarta - Kuliner Jogja Murah Meriah

Article

Kuliner Enak di Semarang

on

Gulai Kambing Bustaman

gulai-kambing-bustaman

Salah satu kuliner enak di Semarang adalah Gulai Kambing  Bustaman. Jangan khawatir apabila ke Kota Semarang untuk mencari Gulai Kambing Bustaman, tersebar di beberapa tempat seperti Kota Lama, Semawis dan tempat-tempat keramaian lain di Kota Semarang.

Kuliner Enak di Semarang ini berasal dari salah satu perkampungan Bustaman. Kampung Bustaman Kelurahan Purwodinatan Semarang  sudah ada sejak lama, Jauh sebelum Indonesia merdeka, kampung Bustaman sudah ada. Warga kota Semarang dan Turis penikmat menu berbahan daging kambing di Kota Semarang Kampung Bustamanlah surganya.

Alkuturasi budaya Kampung Bustaman kelihatan sekali, budaya Jawa, Arab dan Gujarat. Walaupun ada di tenggah Kota, di kampung ini terdapat kandang-kandang kambing dan tempat pemontongan kambing yang dimiliki warga secara turun-temurun.

Bagi orang Semarang, kampung Bustaman, merupakan asal dan pusat kuliner enak di Semarang berbahan daging kambing. Maka produk-produk yang berasal dari daging kambing yang berasal dari kampung Bustaman, selalu diakhir dengan nama Bustaman, seperti Gulai Bustaman, Sate Bustama, Soup Kambing Bustaman.

Danging Kambing yang digunakan untuk membuat Gulai berasal dari Kampung tersebut. Rempah-rempah gulai juga diracik oleh ibu rumah tangga di Bustaman. Bahkan, ibu-ibu ada menjual khas rempah-rempah untuk membuat gulai bustaman diantara lorong-lorong perkampungan Bustaman.

Gulai Bustaman, tidak menggunakan rempah kelapa yang di Jadikan santan, tetapi kelapa yang sudah diparut dicampur berbagai jenis rempah lalu digoreng. Parutan kelapa yang sudah digoreng, baru dicampur dengan kuah kambing, daging kambing dan berbagai jenis rempah, seperti bawang merah, cabe, timun, lada, kecap dan lain-lain.

Cara menyantapnya, satu mangkok gulai kambing bisa dinikmati dengan mencampur satu piring nasi yang sudah disiapkan. Gulai kambing bisa dimasukan ke dalam piring yang berisi nasi, setelah nasi dan gulai menjadi satu baru siap disantap.

Bagi yang tidak menyukai rasa pedas, bisa mesan langsung  kepada penjual atau memasukan sambal cabenya sendiri sesuai selera sendiri.

Kalau masih ragu dengan keaslian gulai kambing yang berasal dari kampung Bustaman, pengunjung bisa menyantap langsung gulai kambing Bustaman di Kampung Bustaman, kita bisa langsung datang ke Kampung bustaman karena setiap hari ada jual makanan gulai bustaman, dan makanan lainya seperti sate, soup dan berbagai jenis rempah. Kecuali pada acara hari besar.

Harga gulai bustaman bervariasi satu porsi rata-rata Rp 25.000 – Rp30.000,- tergantung lokasi penjual gulai bustaman.

Di Kampung Bustaman sendiri, hampir setiap hari kelihatan aktivias warganya, dari mulai turis lokal, maupun turisan internasional. Hanya sekedar untuk melihat aktivitas  warga, seperti memotong kamping, kegiatan berkesenian.

Atau ingin berbelaja rempah-rempah untuk mebuat gulai dan sate kambing yang dijual ibu-ibu di lorong kampung Bustaman. Bagi penikmat menu berbahan daging kambing Kampung Bustamanlah tempatnya. Yang kini sudah menjadi icon kota Semarang sebagai kuliner enak di Semarang.

 

 

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


    *