Jajanan Pasar Jakarta - Kuliner Jogja Murah Meriah

Article

Kuliner Yogyakarta

on

Sedang berada di kota Yogyakarta, selain belanja batik dan wisata alam yang indah bikin lapar mata. Pasti kelelahan dan bikin lapar perut juga, yuk cari kuliner Yogyakarta.

Kalimilk Yogyakarta

kalimilk-yogyakarta
Ingin menikmati produk kuliner Yogyakarta berbahan susu segar, bisa mencoba Kalimilk Yogyakarta. Kalimilk bisa diartikan Kaliurang Milk, terbuat dari susu segar di Kaliurang. Bisa menikmati beranekaragam rasa susu segar.
Kuliner Yogyakarta ini bisa ditemukan di jalan Lempongsari. Sebagai kota pendidikan susu Kalimilk Yogya banyak dinikmati oleh mahasiswa dan mahasiswi Yokyakata dari berbagai penjuru Indonesia. Harganya pun relatif terjanggau.

Ampyang

ampyang1
Kue kering khas kuliner Yogyakarta berbahan dasar dari kacang tanah dengan campuran gula merah, jahe. Gula merah dan parutan jahe dicampur air seperti karamel dicurahkan ke dalam cetak yang telah tersedia kacang tanah.
Ampyang paling cocok pada saat musim hujan, di pagi hari atau malam hari karena mampu menghangatkan suhu tubuh. Jahe yang mengandung banyak mamfaat bagi tubuh bikin betah untuk ngumpul dan ngobrol lama dengan teman-teman.
Kuliner Yogyakarta satu ini bisa di beli di tokoh-tokoh pusat kuliner Yogyakarta dengan harga bervariasi bisa juga di jual di warung-warung.
Untuk oleh-oleh Ampyang sudah dibungkus dalam kemasan kotak atau plastik. Satu kotak 200 gram sekitar Rp.25.000,-

Gudeg

gudeg
Gudeg merupakan kuliner Yogyakarta yang paling terkenal. Saking terkenal kota Yogyakarta disebut kota Gudeg. Memang di beberapa tempat di Jawa terdapat gudeg, tetapi gudeg paling nikmat adalah gudeg Yogyakarta.
Gudeg Yogyakarta memiliki beberapa Variasi yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Kuliner yogyakarta ini terasa gurih karena banyak menggunakan bahan berempah seperti nangka muda yang direbus lama dengan daun jati, kemudian dibumbui dengan berbagai rempah-rempah seperti lengkuas, daun salam, kemiri, bawang putih, bawang merah, ketumbar, gula merah, garam, daging ayam kampung secukupnya dan telur.
Sangking banyak rempahnya, saat mendekati ke warung yang yang menyediakan gudeg kita sudah mencium aromanya rasa ingin segera menikmati. Di Yogyakarta, hampir di setiap rumah makan ada tersedia gudeg, tetapi gudeng yang paling terkenal dan rekomendasi adalah gudeg Yu Jum di Kaliurang KM 4, dan Gudeg HJ Ahmad KM. 4.5.

Tiwul

 

tiwul
Tiwul makanan yang terbuat dari ubi kayu, salah satu kuliner Yogyakarta. Tiwul pernah menjadi makanan pokok pada zaman penjajahan Jepang masyarakat gunung kidul.
Makanan, ini merupakan Kuliner yang cukup bersejarah bagi masyarakat Yokyakarta. Karena mampu menyelamatkan masyarakat dari kelaparan, ketika beras sulit dicari.
Resep untuk membuat tiwul singkong yang telah diberikan gula merah, kelapa parut, daun pandan, air, garam, daun pisang. Harga satu porsi tiwul bervariasi yaitu Rp.5.000,- sampai Rp. 15.000,-
Sekarang rasa tiwul tidak hanya manis, kuliner Yogyakarta ini juga ada rasa pedas, asin dan lain-lain tergantung pemesanya dan sangat mudah untuk dijumpai.

Bakmi Jawa

bakmi-jawa
Jangan disangka Bakmi berasal dan identik dengan makan khas orang China. Yogyakarta menyediakan Bakmi jawa merupakan salah satu kuliner yogyakarta. Bakmi Jawa biasa dikenal Bakmi Godhong, khas bakmi jawa di beri campuran suir daging ayam kampung dan telur bebek. Mampu menggoyangkan lidah bagi penikmat bakmi.

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *


    *