Lontong Balap Wonokromo – Surabaya

0
306

Lontong Balap Wonokromo – Surabaya
Mall Darmo Trade Center (DTC) Lantai 4 Blok B No. 9, JL. Raya Wonokromo, No. 1, Wonokromo, Kota SBY 60243, Indonesia
Telp : 031 8482380

Lontong Balap Wonokromo

Bertandang ke satu daerah belum komplit terasa bila tak mencicipi makanan khas yang dipunyai. Terlebih waktu datang ke Kota Surabaya yang mempunyai koleksi hidangan yang memperkaya khazanah kuliner Jawa Timur, seperti rujak cingur, tahu campur, lontong balap, lontong kikil, serta lontong balap.

Seluruhnya type masakan itu sering kali di sajikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menjamu tamu, baik dari dalam negeri ataupun tamu asing, yang datang ke Balai Kota Surabaya. Maksudnya tak lain yaitu untuk memperkenalkan makanan khas Surabaya yang disebut sisi dari khazanah kuliner Jawa Timur itu pada dunia.

Bila belum pernah mencicipi kuliner Jawa Timur itu, cobalah dahulu lontong balap Surabaya yang oleh kelompok spesifik lebih populer juga sebagai lontong balap Wonokromo, seperti terdaftar dalam lirik lagu Semanggi Surabaya karya S. Padimin. Olahan sayur ini dapat didapati di sebagian lokasi di Kota Surabaya dan lokasi hinterland-nya, seperti Wonokromo yang pada awal 1970-an saat lagu itu popular pas ada di batas selatan Kota Surabaya.

Balapan ke Wonokromo
Dalam sejarahnya, makanan khas Kota Pahlawan ini dimaksud lontong balap karena dahulu beberapa penjual makanan ini berlarian (balapan) menuju Pasar Wonokromo untuk berebut konsumen. Waktu itu, beberapa penjual masih tetap memakai kuali dari tanah liat yang dibakar untuk menyimpan kuah makanan. Karena sangat beratnya kuali-kuali yang dipikul, beberapa penjual mesti jalan menanggungnya dengan berlarian serta berkesan berpacu (balapan). Mulai sejak tersebut makanan ini dimaksud lontong balap serta tak beralih namanya sampai saat ini.

Tetapi, satu diantaranya warung lontong balap yang saat ini populer yaitu Lontong Balap Rajawali, di Jl. Krembangan Timur atau di seputar lokasi bersejarah Jembatan Merah Surabaya. Seporsi lontong balap itu terdiri atas lontong, potongan tahu goreng, lento (makanan yang terbuat dari kacang beras serta tepung terigu berupa mirip perkedel), taburan tauge, serta bawang goreng, kuah, sambal petis serta kecap.

Seporsi lontong balap di warung Rajawali itu dihargai Rp10. 000. Lontong balap bakal makin nikmat disantap dengan sate kerang yang dihargai Rp10. 000/jumlah serta ditutup dengan satu gelas es kelapa muda. Warung Lontong Balap Rajawali ini buka sehari-hari mulai sejak jam 07. 00 WIB– 17. 00 WIB.

Terkecuali Lontong Balap Rajawali di lokasi Jembatan Merah, warung penjual hidangan khas Surabaya yang memberi warna khazanah kuliner Jawa Timur itu dapat juga didapati di Jl. Mayjen Sungkono, serta Jl. Urip Sumohardjo.

Be Sociable, Share!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    *