Pelajaran Berwirausaha Dari Presiden Jokowi

Joko Widodo atau akrab dengan panggilan Jokowi, sebelum menjabat sebagai Presiden Indonesia. Sekarang ini beliau merupakan seoarang yang berkecimpung di dunia usaha yang bisa dibilang sukses di bidangnya. Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Karena telah banyak berbagai media yang memberitakan atau menceritakan kisah beliau dalam mencapai kesuksesannya.

Jokowi mengawali usahanya di kota kelahirannya yaitu Solo Surakarta. Memulai usaha mebel dari nol sampai berhasil mengekspor ke luar negeri. Pastinya ada banyak bekal pengalamam bisnis yang bisa dia pelajari dan juga ambil dari perjalanan beliau menjadi seorang pengusaha, dan hal tersebut bisa saja menjadi masukan untuk kita yang sedang memulai menjajal dunia wirausaha.

Jokowi sendiri berkata “kebanyakan orang berkata dibutuhkan modal untuk memulai usaha. Namun, menurut saya tidak karena iyang penting adalah jangan takut”. Menurutnya agar bisa menjadi wirausaha yang sukses tidak mesti harus memiliki modal finansial yang banyak. Karena kebanyakan dari kita yang ingin memulai usaha mengeluh akan modal. Padahal hal tersebut tidak selamanya benar, selain modal saat akan memulai usaha, pengalaman, dan mental yang kuat, juga strategi bisnis yang dan lain sebagainya.

Sebagai pelaku usaha Jokowi pastinya memiliki berbagai tips bermanfaat dalam menjalankan bisnisnya. Berikut inoi beberapa diantara Tips sukses berwirausaha ala Jokowi yang bisa dipelajari dan di terapkan terhadap bisnis yang kita jalankan.

Ulet, bekerja Keras dan Tetap Semangat

Kerja keras, Penuh semangat, dan ulet adalajh modal utama yang harus dimiliki seorang pengusaha. Tanpa Modal tersebut bisa jadi bisnis gagal di tengah jalan, Meski modal yang dikeluarkan sudah melimpah. Bila kita memliki 3 modal dasar yang disebutkan diatas tadi. Kama kesempatan untuk maju dan berkembang pastinya hanya tinggal menunggu waktu saja. “kita meski kyuat, Bekerja Keras, Untuk saya pribadi dari subuh hingga subuh, bila tidak demikian ya lupakan sukses” begitu kata Jokowi.

Memanfaatkan Setiap Peluang

Sebagai wirausaha atau penggiat bisnis, sudah seharusnya jika harus melihat peluang. Tidak hanya sampai disitu kita juga harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

karena dalam dunia wirausaha berlaku hukum siapa cepat dia dapat. Maka saat terindikasi peluang yang berpotensi bisa menjadi sebuah keuntungan, sebisa mungkin dapatkan dengan cepat sambil fokus dengan langkah yang tepat. Jokowi bilang “jangan biarkan peluag anda lepas, ingin jualan produk apapun itu kejar dan jangan lewatkan”

Selalu Berinovasi

Selain point point di atas kunci sukse selanjutnya para pelaku usaha harus mampu berinovasi pada setiap produk yang ingin dipasarkannya. Seperti jika produk yang dihasilkan adalah benda bisa berinovasi dalam bentuk, packaging dan juga tampilannya. Berikan sentuhan baru agar terlihat mempunyai nilai lebih bagi konsumen.

Inovasi pembaruan selalu dibutuhkan agar pasar tidak jenuh dengan produk yang itu-itu saja, juga jangan lupa produk harus mengikuti pasar saat ini.

Komunikasi Dan Kepercayaan

Dengan komunikasi yang baik dan saling menjaga kepercayaan dengan relasi, hubungan akan selalu terjaga dengan stabil. Tanpa komunikasi baik sekiranya akan sangat sulit sekali mendapatkan kepercayaan hal ini tentunya mengakibatkan tersendatnya bisnins yang kita jalankan.

Konsisten setiap saat

Konsistensi adalah salah satu hal yang harus diperjuangkan dalam berwirausaha.  Terlebih jika bisnis dalam keadaan terpuruk. Maka saat itulah konsstensi kita betul-betul diuji. Adapun menurut Jokowi semua ada di tangan kita mau dilanjut atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *