Sate Kambing Pak Samin – Solo

0
202

SATE KAMBING ” PAK SAMIN ”
Pasar Pon, Jl. Diponegoro, Banjarsari,
Kota Surakarta,
Jawa Tengah 57131, Indonesia

Sate Kambing Pak Samin

Wisata kuliner kami ke Solo kesempatan ini sangat mengasyikkan, terlebih sesudah coba sate buntel serta gule goreng dengan kata lain gulgor. Awalannya saya tak terlampau tertarik untuk coba gule goreng, namun berhubung rekan saya demikian ngotot mengajak saya untuk cobanya, jadi saya juga pada akhirnya turut pergi juga untuk mencicipinya.

Tempat yang di maksud yaitu Sate Kambing Pak Samin yang ada di perempatan Pasar Pon, Solo. Dirumah makan simpel Pak Samin ini, kami pesan Sate Buntel serta Gule Goreng yang terbuat dari daging kambing. Tuturnya, sate buntel di sini sangat populer. Pak Samin juga dengan ramahnya mengajak bercakap kami, serta menuturkan perihal sate buntel itu.

Pak Samin mengawali usahanya mulai sejak th. 1972, dulunya masih tetap memakai pikulan, mungkin saja seputar 4 th.. Baru deh kemudian beliau menetap dirumah makan sederharna yang ada di perempatan Pasar Pon, Solo.

Jadi sate buntel ini terbuah dari daging kambing yang dicacah lalu dibungkus dengan lemak tidak tebal dari si kambing, baru deh dibakar. Serta di sajikan dengan kecap, irisan daun kol serta bawang merah. Terasa?? Waahhh mantep, enak banget lho rekan-rekan. Rasa daging kambingnya demikian lembut serta tak bau prengus. Jika dilihat-lihat sih memiliki bentuk jadi serupa sosis he-he… namun ini sosis kambing tradisional ala Pak Samin.

Nah yang ini juga mesti Anda cobalah, yakni gule goreng. Daging kambing yang dipotong-potong lalu digoreng hingga kering. Crunchy banget terasa, ini di sajikan dengan kuah gule yang terbuat dari santan. Kuahnya saya beri sambal lalu saya simpan daging gule goreng itu ke kuahnya, nyam-nyam…. yummy banget. Rasa daging yang renyah bercampur dengan kuah gule yang enak serta gurih. Mantap abizzz. Menggorengnya juga masih tetap memakai tungku serta arang. Menurut saya langkah memasak dengan arang memanglah membuahkan harum khas sendiri.

Pokoknya bila Anda bertandang ke Solo, jangan sempat tak singgah ke Pak Samin. Cobain Sate Buntel serta Gule Gorengnya, he-he… Harga nya juga murah, Gule Goreng di bandrol Rp 17. 000 per jumlah, sedang Sate Buntelnya Rp 9. 000 per tusuk, Sate Kambing Rp 17. 000 per jumlah. Rumah Makan Pak Samin ini buka dari jam 6. 30 pagi hingga jam 3 sore saja, jadi jangan sempat kehabisan ya.

Be Sociable, Share!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    *