220px Surabi pandan polos     Serabi

magnify clip     Serabi

Kue serabi tanpa kuah

220px Surabi%2Bkuah gula     Serabi

magnify clip     Serabi

Kue serabi dengan kuah gula manis

Serabi kadang disebut srabi atau surabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Indonesia. Serabi serupa dengan pancake (pannekoek atau pannenkoek) namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia. Daerah yang terkenal dengan kue serabinya adalah Jakarta, Bandung, Solo, Pekalongan dan Purwokerto yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. [1][2]Ada juga surabi Arab yang terkenal karena keunikannya yang terdapat di kota bogor[3].

[sunting] Cara pembuatan

Bahan utama pembuatan kue serabi adalah tepung beras atau terigu dan santan. Secara umum kue serabi berasa manis dengan aroma manis gula merah yang khas.[4]

Saus santan bisa jadi lebih istimewa jika ditambahkan -50 gr daging buah nangka yang matang yang dipotong kecil-kecil. Atau 1-2 bh daging durian.

Tuang toping coklat cair keatas serabi, sesuai dengan selera / pola Anda.

[sunting] Lihat pula

[sunting] Pranala luar

Resep Serabi

45px Bread and wine.svg     Serabi
Buku resep Wikibooks memiliki artikel mengenai

This article uses material from the Wikipedia article Serabi, which is released under the Creative Commons Attribution-Share-Alike License 3.0.

Be Sociable, Share!

    Leave comment for Serabi




    *