Soto Betawi Sambung Nikmat – Jakarta

0
254

soto-betawi sambung nikmat01

Soto Betawi Sambung Nikmat
Jalan Ciputat Raya No 2, RT. 01/ 07, Pondok Pinang, Pd. Pinang, Kby. Lama, South Jakarta City, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310, Indonesia
Telp : 021 7659053

Soto Betawi yang satu ini populer bakal kuahnya yang berwarna merah garang, sungguh menggoda selera. Selingan irisan daging sapi, paru, kikil, serta taburan emping bikin rasa-rasanya hmm… nikmat emgak ade matinye! Waktu menyusuri Jl. Ciputat Raya yang padat merayap mendadak saya teringat bakal warung soto Sambung Nikmat punya Haji Ridwan. Ya, soto Betawi yang satu ini memanglah telah lama tidak saya sambangi. Terbayang kuahnya yang khas berwarna merah garang slurp… bikin saya jadi rindu bakal kelezatan rasa-rasanya serta tergoda untuk singgah. Seperti umum deretan mobil serta motor menghambat warung yang senantiasa dipadati pengunjung setianya. Tak ada embel-embel nama warung makan yang tercantum hanya tulisan ‘Soto Betawi’ di etalase kaca sisi depan. Buat yang baru pertama kalinya singgah memanglah jadi agak membingungkan.

Di etalase kaca yang terkurung berikut terlihat Haji Ridwan dibantu oleh sebagian pekerjanya dengan tangkas mengolah soto pesanan konsumen. Wadah-wadah penuh diisi irisan paru, kikil, serta daging sapi diatur rapi plus tumpukan piring-piring. Walau warung simpel itu cukup luas serta terbagi dalam sebagian meja panjang tetapi siang itu nyaris semuanya meja penuh terisi. Wah hampir saja saya tidak kebagian tempat duduk! Demikian duduk sebelumnya pesanan dicatat satu gelas teh tawar hangat sudah dihidangkan di atas meja. Janganlah berharap untuk pesan ayam goreng atau ikan goreng, sebab di warung ini memanglah spesial sediakan Soto Betawi. Untuk isiannya di tawarkan daging sapi, paru, kikil saja atau gabungan dari ketiga varian itu. Sebagai berisi saya pesan kombinasi daging sapi serta paru. Seporsi nasi yang cukup besar dihidangkan berbarengan dengan Soto Betawi yang masihlah mengepul panas. Soto ini tak dihidangkan dalam mangkuk seperti umumnya tetapi dalam piring putih cekung.

Tidak seperti soto Betawi yang lain condong berwarna kecoklatan, soto racikan Haji Ridwan malah tampak lebih garang yakni berwarna kemerahan. Penampilan khasnya berikut yang membedakannya dari Soto Betawi yang lain. Slurpp… waktu hirup kuahnya merasa gurihnya tidak berlebihan. Bila sukai, penambahan sambal yang ada pada wadah terpisah bikin rasa-rasanya semakin dahsyat terlebih waktu disuap dengan nasi putih. Irisan daging serta paru yang menyembul juga terlihat sedikit kekuningan. Hal itu karena sebab daging, paru, serta kikil di rebus terlebih dulu dengan bumbu khas racikan warung makan ini. Tidak heran bila bumbunya meresap sampai kedalam serat serta empuk waktu dikunyah. Untuk temani Soto Betawi ini dalam wadah toples ada acar yang terbagi dalam irisan timun, bawang merah, serta rawit ijo. Bila si sambal kurang mengigit, rawit yang ada dalam acar ini ditanggung dapat bikin keringat berlelehan emhuah… huah. Seporsi soto Betawi yang lezatnya tidak ada matinye ini cukup ditebus seharga Rp 40. 000, 00. Buat yang menginginkan singgah baiknya janganlah sangat siang lantaran bebrapa dapat akan kehabisan. Pengagum soto Betawi nyok singgah ke warungnye Haji Ridwan!

Be Sociable, Share!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    *