Article

Tempat Kuliner di Semarang Murah Meriah Terfavorite

on

Semarang menyediakan banyak kuliner yang lezat dan istimewa, selain tawaran makanan enak berkelas bintang lima ada banyak kuliner Semarang murah meriah yang tak kalah kelezatanya. Ada beberapa kuliner maknyus lezat yang bikin lidah berdecak dan gak bikin kantong menjerit yang wajib dicicipi.

Nasi Gandul

nasi-gandul-ibu-endang

Makanan special yang satu ini wajib dicoba selain rasanya yang nikmat, cara penyajiannya juga sangat unik. Nasi gandul sebenarnya salah satu makanan dari Pati, akan tetapi di Semarang juga kita bisa menyantapnya, ada beberapa tempat yang menjual nasi gandul yang lezat. Jika ingin menikmati sepiring nasi gandul yang bikin ketagihan sebagai referensi tempat ada di jalan Dr.Cipto dan di depan rumah sakit umum Telogorejo. Mulanya kuliner Semarang murah meriah ini dijajakan dengan cara dipangkul atau digandul di bahu pedagang. Nasi putih panas yang disajikan dalam piring yang telah dilapisi daun pisang kemudian ditambah daging sapi empuk dengan resapan bumbu rempahnya lalu disiram kuah kaldu santan encer yang berwarna kecoklatan. Bisa memilih lauk sapinya, ada dari daging, jeroan, paru, lidah dan lainya. Biasanya disantap dengan mengunakan sendok dari daun pisang. Sebagai pelengkap rasa sepotong tempe goreng, perasan jeruk nipis dan sambal, bikin lidah gak berhenti bergoyang menikmati kelezatan nasi berkuah ini. Cukup membayar sekitaran 9.000 rupiah saja untuk satu porsi.

nasi-ayam2

Satu lagi kuliner Semarang murah meriah yang bikin ngiler dengan rasa specialnya yaitu nasi ayam semarang. Nasi ini sama seperti nasi liwet atau nasi gurih yang berasa bumbu rempah-rempah sedap yang disajikan dalam pucuk pisang atau piring beralas daun pisang sehingga memberi aroma khas dan bikin lapar. Kemudian dipadukan dengan lauk daging ayam suwiran, tahu bacem atau tahu goreng kuning, pindang telur kecap, sambal goreng labu dan krecek. Yang kemudian disiram dengan kuah santan kuning lezat gurih. Tambahkan kerupuk dan sambal yang bikin makin maknyus. Jika mau tambahkan sate usus, sate jeroan dan sate kerang yang tersedia akan menambah kelezatan. Untuk referensi nasi ayam lezat ada di jalan MT Haryono dan di sekitaran Gang Pinggir,  jalan Melati Selatan, serta di Simpang Lima Semarang. Dengan harga yang sangat terjangkau cukup membayar 10.000 rupiah per porsinya.

Soto bangkong

soto-bangkong2

Makanan yang satu ini memang sangat unik dari namanya yang bikin orang terkecoh, soto bangkong sekilas orang akan berpikir adalah soto dari olahan kodok. Padahal sama sekali bukan, dinamakan soto bangkong karena terletak di jalan bangkong yang kini berganti nama jalan Brijen Katamso, Semarang. Kuliner Semarang murah meriah yang satu ini menyajikan citarasa yang istimewa kepada para pelanggan. Semangkuk soto bangkong disajikan dengan bihun, suwiran ayam, bawang goreng, irisan bawang, dan siraman kuah kaldu yang pas banget. Perasan jeruk nipis dan sambal bikin kelezatannya semakin nikmat.

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *