Tengkleng Pak Momo – Sukoharjo

0
358

Tengkleng Pak Momo Sukoharjo

Tengkleng Pak Momo – Sukoharjo
JL. Jend. Sudirman, Sukoharjo, Kec. Sukoharjo, Sukoharjo 57512, Indonesia
Telp : 0817-255-064

Tengkleng yaitu nama paten dalam khazanah kuliner Soloraya. Makanan ini yaitu masakan sejenis sup dengan bahan paling utama tulang kambing yang masih tetap diselimuti sedikit daging. Dapat pula ditambah dengan sedikit jeroan. Tetapi ada yang khas pada tengkleng dalam jejeran andalan kuliner Sukoharjo.

Bentuk fisik tengkleng biasanya nyaris serupa gulai kambing, namun kuahnya umumnya lebih encer. Makanan khas khazanah kuliner Soloraya ini bisa didapati di warung spesial yang jual tengkleng. Tetapi tidak tidak sering tengkleng dapat juga di nikmati di warung penjual sate.

Tidak sama dengan tengkleng khas Solo yang berkuah encer serta banyak, penikmat tengkleng dapat nikmati tengkleng dengan cita rasa sedikit tidak sama saat berpetualang menjelajahi kuliner Sukoharjo. Di Kota Makmur ini, tengkleng di sajikan dengan style tidak sama.

Di Warung Sate Pak Momo, yang ada 200 mtr. samping utara simpang lima Sukoharjo umpamanya, tengkleng tersaji dalam dua varian rasa. Pertama, tengkleng seperti biasanya yang berkuah encer serta banyak. Ke-2, tengkleng dengan bumbu kecap serta kuah yang lebih sedikit.

Bentuk fisik tengkleng dengan bumbu kecap dalam jejeran sajian kuliner Sukoharjo serupa dengan rica-rica. Kuahnya kental serta berwarna coklat kemerahan. Rasa kuah yang disandingkan dengan potongan tulang juga unik, yaitu serupa dengan kuah tongseng.

Waktu Solopos. com coba tengkleng itu, Kamis (8/1/2015), daging yang masih tetap menyelimuti tulang merasa sangatlah lembut. Dengan mudahnya daging itu terpisah dari tulang. Rasa gurih manis sangatlah enak disantap juga sebagai menu makan siang.

Manisnya tengkleng didapat dari pemakaian kecap oleh sang koki sekalian yang memiliki warung itu, Momo. Tengkleng itu bisa di nikmati di Jl. Merbabu No. 5, Kelurahan Jetis, Sukoharjo, tepatnya di samping utara Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GPPPD) Sukoharjo.

Seporsi tengkleng dihargai Rp20. 000. Sesaat seporsi nasi juga sebagai rekan bersantap di jual Rp3. 000. Resep tengkleng unik itu di buat oleh sang yang memiliki warung serta telah di pasarkan pada pelanggan mulai sejak 1985.

Tengkleng Rica-Rica
Variasi olahan tengkleng dengan cita rasa unik yang lain disuguhi Ponijo, 63. Ia menamai tengkleng unik kepunyaannya dengan nama tengkleng rica-rica. Benar saja, bentuk fisik tengkleng yang dapat didapati di Warung Sate Pak Ponijo di Terminal Tawangsari, Sukoharjo itu serupa dengan rica-rica.

Kuah tengkleng sedikit serta berwarna kuning, tak kemerahan seperti tengkleng yang di sajikan di Warung Sate Pak Momo. Cita rasa tengkleng rica-rica tidak kalah maknyus. Daging yang melekat pada tulang merasa lembut serta gampang dilepaskan dari tulang lantaran Ponijo memakai kambing muda dalam masakannya.

Kambing itu dipasok spesial oleh penjual kambing dari daerah Girimarto, Wonogiri. Dalam satu bulan, Ponijo memproses sekurang-kurangnya 60 ekor kambing muda yang rata-rata mempunyai berat seputar lima kg.

Ia mengakui sediakan menu tengkleng yang tidak sama dari tengkleng biasanya atas gagasan pribadi. Ia membuat menu itu pada 1990-an. “Satu jumlah tengkleng harga nya Rp15. 000, ” kata Ponijo.

Salah satu konsumen tengkleng rica-rica, Andi, menyampaikan tengkleng bikinan Ponijan sangatlah enak. Andi yang baru kali pertama menjajal tengkleng style beda ini menilainya tengkleng Ponijan sangatlah khas. “Ini terasa enak sekali. Betul-betul khas terasa, ” kata dia. Andi juga menilainya harga Rp15. 000 untuk seporsi tengkleng rica-rica sebanding dengan kelezatannya.

Be Sociable, Share!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    *