Article

Toko Oen Semarang Karakteristik Restaurant Terlama

on

Semarang memang menyimpan beragam sejarah yang tak habis-habis digali dan memberi rasa yang tak bisa dilupakan, salah satu saksi sejarah kota Semarang dan masih bisa meninggalkan rasa yang sangat lezat untuk pecinta kuliner yaitu toko Oen Semarang.

toko-oen-semarang

Yang merupakan salah satu restoran tertua di Semarang, pasti para pengembara kuliner sudah tahu dengan sajian rasa khas kota Semarang ini. Nama restoranya singkat saja, Oen. Restoran Oen sangat legendaris sudah ada sejak tahun 1936, tentu saja banyak sejarah yang direkamnya.
Layaknya sebuah restoran kuno, banggunanya sangat artistik dengan ornamen-onamen kuno. Bangunan yang terletak di Jalan Pemuda No 52, relatif sanagt mudah untuk dijangkau karena terletak di sektar pusat kota.
Toko Oen ini ternyata milik pengusaha kuliner yang multitalenta dalam pengembangan bisnis seorang perempuan bernama Liem Gie Nio. Awalnya restoran ini  berada di Jogyakarta sekitar tahun 1910 dan diberi nama Oen yang berasal dari nama suaminya Nyonya Liem yaitu Oen Tjok Hok.

Kemudian toko Oen ini pindah ke Semarang dan berkembang pesat sampai sekarang. Sekarang toko Oen Semarang ini sudah ada di beberapa kota besar seperti di Malang.
Saat memasuki toko Oen akan terpampang deretan toples-toples besar yang berisikan makanan kue-kue kering, berbagai makanan ringan rumahan yang bisa dipesan dan aneka oleh-oleh khas Semarang.
Toko Oen ini tidak hanya menyediakan menu makanan berat oriental seperti kwitiau atau spaggeti special, akan tetapi juga menyediakan berbagai makanan lezat lainnya. Ada tiga jenis makanan khas yang disediakan seperti Chines food, Indonesia food dan Eropa food.
Toko Oen Semarang menyediakan berbagai menu Eropa seperti spaggeti, bistik, wcordon dan ice cream dan inner schnitzel. Juga bebagai makanan khas Indonesia di toko Oen seperti nasi goreng, sate dan ice cream rasa nusantara serta aneka makanan kering dan roti basah.

Ice cream di Oen merupakan sajian desert yang istimewa yang menawarkan kelezatan pas. Sangat cocok dinikmati setelah menyantap makan berat seperti sepagethi, nasi goreng, kwitiau dan lain beraneka ragam kuliner berat lainya.
Jangan khawatir harga setiap makanan di toko Oen Semarang tidak terlalu mahal bagi yang berkocek sedang-sedang saja tentu saja masih bisa asyik hangout bareng teman-teman dan keluarga. Yang ingin menikmati live musik di Oen datang pada malam libur seperti malam minggu, pasti disajikan live musik yang membuat para pengunjung lebih adem dan lama menikmati suasana restoran Oen.
Untuk seporsi eskrim coklat, moka vanilla, buah dan juga kopyor harganya sekitar 15.000 rupiah, Adapun es krim dengan campuran sukade dan disajikan dengan nesselroderoom berkisar sekitar 20.000 rupiah. Seporsi roti ganjel hanya 6000 rupiah. begitu pula dengan makanan berat masih sangat terjangkau.

Jl. Pemuda No.52, Bangunharjo, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139
Phone:(024) 3541683

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *