Wisata Kuliner Jogjakarta – Sate Klatak Pak Bari

0
150

sate-klatak-pak-bari

Sate Klathak Pak Bari
Pasar Jejeran Baru
JL. Kedaton, Pleret, Bantul, Indonesia ‎
+62 813-2880-0165 (Mobile)

Inspirasi ini, lanjut Subari, pada awalnya di sela-sela menolong berjualan sate, dianya kerap mencari biji melinjo untuk di jual. Duit hasil jual mlinjo itu digunakannya untuk penambahan duit saku sekolah.

Satu saat, Subari tempelkan biji melinjo di daging sate kambing yang dibakarnya. Daging melinjo di Imogiri kerap dimaksud klatak. Dari situlah ia mulai menamai sate klatak. ” Ya saya tempelkan saja, tak ada rasa-rasanya. Dari situ namanya jadi sate klatak, ” jelasnya.

Nama itu juga pada akhirnya jadi magnet untuk beberapa konsumen. Mereka bersama-sama datang ke Pasar Deretan lantaran penasaran dengan rasa sate klatak. ” Awalannya penasaran apa sih sate klatak itu. Sesudah coba, pas serta ketagihan untuk kembali pada, ” tutur Subari.

Tidak cuma warga Bantul, beberapa orang dari luar daerah juga jadi berlangganan tetaplah sate pak Bari. Bahkan juga, artis-artis nasional, budayawan, seniman hingga petinggi kerap datang untuk nikmati sate klatak pak Bari.

Sistem berikut yang membedakan dengan sate yang ditusuk dengan memakai lidi. ” Ini rahasia nenek. Dari dahulu awal jualan di jaman sebelumnya kemerdekaan nenek telah memakai ruji, ” katanya.

Didalam penyajian, satu jumlah diisi dua tusuk sate klatak serta sepiring nasi. Diluar itu, disuguhi juga sepiring kuah gulai. Kuah gulai pak Bari juga populer gurih serta kental. Istimewanya lagi, saat Anda pesan teh panas, jadi teh tak memakai gula pasir, tetapi Pak Bari bakal menyuguhkan dengan gula batu.

Untuk satu jumlah sate klatak komplit dengan nasi, kuah gulai serta minum, pak Subari mematok dengan harga Rp 20. 000.

Pak Subari juga menghidangkan sebagian menu terkecuali sate klatak. Anda bisa nikmati sate goreng, tongseng, kicik (tongseng dengan sedikit kuah), nasi goreng, serta nasi godog. Semuanya menu itu, untuk satu jumlah dihargai Rp 20. 000.

Bila bertandang ke Yogyakarta, luangkan datang ke Bantul untuk nikmati sate klatak pak Bari. Anda bakal membawa pulang satu cerita kesenangan warisan kuliner yg tidak diketemukan ditempat lain. Nuansa warung pak Bari bakal lengkapi cerita yang bakal bikin Anda menginginkan kembali pada untuk mengenangnya.

Rahasia Kelembutan

Kelembutan daging sate klatak pak Bari saat dikunyah ada pada ruji yang dipakai untuk menusuk sate. Ruji untuk menusuk sate ini juga sudah dipakai sang nenek yang berjualan mulai sejak sebelumnya kemerdekaan.

Waktu sistem pembakaran, ruji sepeda yang terbuat dari besi dapat jadi pengantar panas yang baik. Hingga daging semakin lebih cepat masak. Bahkan juga tingkat kematangannya bakal prima serta rata hingga dibagian dalamnya.

Be Sociable, Share!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    *