Article

Jajanan Pasar Khas Surabaya

on

Surabaya merupakan kota besar yang memiliki berbagai jenis makanan enak yang mesti dicicipi, serta memiliki ragam jajanan lezat yang gak boleh terlewatkan. Kali ini kita akan mencoba beberapa jajanan pasar khas Surabaya yang terkenal lezatanya.
Pentol

Pentol

Siapa yang gak doyan sama rasa special pentolnya surabaya, jajanan pasar khas Surabaya yang satu ini mirip sekali dengan bakso. Hanya saja pentol ini teskturnya agak lebih kenyal, karena campuran tepung kanjinya lebih banyak. pentol tidak dimakan dengan kuah melainkan disajikan dengan siraman saos tomat, cabe, kecap, saos kacang yang siap menggoyang lidah saat menyantapnya.
Daging halus dengan campuran rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, merica, mecin, tepung terigu, tepung kanji ini kemudian dibulatin dengan berbagai ukuran. Biasanya disajikan tambahan tahu goreng dan goreng- gorengan.
Kini sudah banyak sekali variasi pentol, dengan ragam bentuk dan aneka rasa. Mulai pentol isi keju sampai pentol isi cabe, dan aneka rasa saos siramnya. Harga satu porsi pentol sangat terjangkau mulai 2000 sampai 10.000 rupiah, tergantung pesanan. Dan yang pastinya sangat mudah ditemukan dimana saja, karena biasanya penjua pentol akan keliling dan mankal di tempat-tempat strategis.

Spiku

Spiku

Spiku merupakan salah satu jajanan pasar khas Surabaya yang telah turun-menurun dari zaman kolonial Belanda. Sebenarnya spiku berasal dari spekkoek dalam bahasa Belanda yang berati kue lapis, yang kemudian disebut spiku biar mudah pengucapan jawa.
Kue lapis spiku ini mempunyai dua warna khas yaitu kuning dan coklat tua yang berlapis-lapis. Berasa manis dan lezat, spiku special dari olahan bahan-bahan tepung terigu, gula, telur dan mentaga. Cocok sekali disantap dengan segelas teh atau kopi di sore hari bersama keluarga.
Spiku bisa ditemukan diwarung-warung kue dan gerai oleh-oleh, sangat cocok juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari surabaya.

Tauwa

Tauwa

Satu lagi jajanan pasar khas Surabaya yang wajib dicoba yaitu tauwa. Dengan cita rasa yang unik tauwa ini menjadi jajanan paling populer di surabaya. Berbahan dasar dari sari kedelai dengan tekstur seperti puding berwana putih susu.
Puding tauwa disajikan dengan air jahe, biasanya juga diseduh dengan parutan es, jadi kalo siang-siang kepanasan semangkuk es tauwa bisa bikin seger dan semangat lagi. Cukup membayar 2.000 sampai 5.000 rupiah saja sudah bisa mencicipi segernya tauwa khas surabaya.

Onde-Onde

Onde-Onde

Onde-onde juga salah satu jajanan pasar khas Surabaya, kue dari adonan ketan berisi kacang hijau. Dengan menggunakan tepung ketan, garam, vanili yang kemudian diuleni dengan air hangat sampai menjadi adonan. Kemudian diisi dengan aneka isian, seperti kacang hijau kukus yang sudah dihaluskan dengan campuran gula halus, garam, susu kental dan pandan.
Adonan yang sudah diisi kemudian dibentuk seperti bola pingpong dicelupkan dalam telur putih kemudian digulingkan dalam biji wijen, dan digoreng dengan api sedang. Onde-onde bisa ditemukan di setiap toko kue, warung dan gerai. Sangat cocok disantap dengan secangkir teh.

Be Sociable, Share!

    Recommended for you

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *