Article

Kue Tradisional Indonesia Yang Mendunia

on

Indonesia memiliki beragam budaya dan adat-istiadat yang sakral sehingga menjadi negara yang unik dan kaya akan keanekaragamanya. Begitu juga dengan kuliner nusantara memikiki ratusan jenis paganan yang lezat dengan resep yang telah turun-temurun dan membudaya bahkan sebagian menjadi bagian dari adat dan kebiasaan dalam masyarakat Indonesia. Ada beberapa kue tradisional Indonesia yang wajib dicicipi kezatanya.
Wajik

wajik

wajik merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat special karena hampir di semua daerah memiliki kue wajik masing-masing. Kue yang terbuat dari bahan dasar beras ketan, gula dan santan ini memiliki rasa yang manis legit.
Hampir seluruh Indonesia mengenal wajik dengan berbagai resep andalan mereka, dengan campuran ensensial rasa alami seperti campuran nangka, durian, gula merah. Yang akan membuat lebih menarik dan menggugah selera.
Wajik ini juga bukan sekedar kue-kue biasa pada umumnya, di beberapa daerah wajik wajib hadir dalam berbagai kegiatan adat sebagai pelengkap dan jamuan khusus. Seperti di acara pernikahan, sunatan, maulid rasul, jamuan tamu dan pada hari raya.

Dodol

dodol2-

Satu lagi kue tradisional Indonesia yang sangat fenomenal, bisa ditemukan dimana saja dengan cita rasa beragam dan resep yang berbeda yaitu dodol. Kue yang terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan, gula dan santan memiliki rasa yang khas, manis legit dan kenyal.
Ada bermacam dodol dari berbagai daerah di Indonesia, ada dodol beras ketan hitam, dodol ketan, dodol durian, dodol nangka, dodol nanas, dodol lidah buaya, dodol peringgi, dodol pepaya dan sebagainya. Setiap daerah memiliki dodol yang mencirikan khas masing-masing yang menjadi kue wajib di daerahnya dengan tekstur dan citarasa yang sedikit berbeda, seperti dodol aceh, dodol medan, dodol garut, dodol pontianak dan berbagai dodol dari daerah lain.
Dodol juga bukan sekedar kue tradisional yang menjadi oleh-oleh dari berbagai daerah, kue ini memiliki nilai budaya dan adat. Di bebrapa daerah di Indonesia, dodol menjadi hantaran wajib saat acara-acara adat seperti penikahan, kelahiran, sunatan bahkan kematian.

Klepon

klepon1

kue yang satu ini selain terkenal juga memiliki banyak namanya, di semenanjung melayu menyebutkan dengan rum-rum, rom-rom, buah malaka, jika di daratan jawa lebih dikenal dengan sebutan klepon. Kue yang sangat sederhana ini menjadi salah satu kue tradisional Indonesia yang biasanya disantap sebagai sarapan ditemani dengan segelas kopi atau teh di pagi hari.
Kue berwarna hijau dengan bentuk bulat-bulatan kecil, dibuat dengan bahan dasar campuran tepung beras dan tepung ketan, daun pandang sebagai pewarna alami. Yang kemudian diuleni dengan air panas hangat kuku menjadi adonan, siap dibulat-bulat diberi gula merah di dalamnya. Dicelupkan dalam air mendidih, ditiriskan dan digulingkan dalam parutan kelapa. Teksturnya yang kenyal saat digigit dengan pecahan gula merah mengalir dimulut membuat rasa klepon lebih istimewa.

Be Sociable, Share!

    Recommended for you

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *