Bandung

Nasi Liwet Koneng The Kiosk Ciwalk – Bandung

on

The Kiosk Ciwalk
Cihampelas Walk, jl. Cihampelas no 160 broadway street SL 21, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40131, Indonesia
Telp : 022 2061158
Buka jam : 10.00

Untuk penggemar kuliner Indonesia, terlebih menu paling utama, bermacam type olahan beras yaitu menu yang layak untuk dicicipi. Nasi liwet mungkin saja jadi satu diantara favorite lantaran lauk pauknya yang telah satu paket. Namun untuk sebagain orang nasi liwet kurang menantang untuk dicicipi lantaran memiliki bentuk demikian lagi-begitu lagi.

Tempo hari saya mencicipi nasi liwet yang wujudnya seperti nasi kuning. Di Bandung, nasi kuning yaitu menu sarapan yang umum didapati, terkecuali kupat tahu, lontong kari serta bubur ayam. Jadi saat lihat ada menu nasi liwet koneng (dalam bhs Sunda bermakna kuning) saya jadi memikirkan, ini terasa lebih condong ke nasi liwet atau ke nasi kuning.

Saya juga mengambil keputusan untuk memesannya di D’Kiosk, Baltos, Bandung. Yang buat saya penasaran, berdasarkan penjelasan di menu, diatas nasi juga ditaburi suwiran ikan tongkol. Hmm, membayangkannya saja telah buat air liur menetes.

Tidak lama menanti, pesanan juga datang. Penyajiannya cukup unik. Pada nasi serta lauk pauk dipisahkan wadahnya. Nasi liwet kuning dengan topping suwir tongkol di sajikan diatas wajan mini, sedang ayam, sambal goreng kentang, lalab, serta sambal terpisah di wadah dari bambu.

Kesannya unik serta tradisional, resep nenhk moyang saat lantas. Walau sebenarnya telah terang ini menu baru.
Saya jadi ingat nasi liwet hejo (bhs Sunda bermakna hijau) yang pernah booming th. lantas. Saya sih ingin mencicipinya, hanya lantaran di dalamnya ada asin jambal, saya mengurungkan diri. Saya bukannya tak sukai ikan asin, namun tak bisa sama dokter. Nah, yang ini kan ikan tongkol yang tambah lebih bersahabat.

Suapan pertama nasi kuning segera memberikan keyakinan saya ini yaitu nasi liwet, cuma di beri bumbu kunyit seperti nasi kuning. Terasa gurih lantaran bercampur dengan ikan tongkol. Serta segera saya kasih dua jempol untuk nasinya.

Untuk lauk pauknya, saya sukai ayamnya yang penuh bumbu. Untuk sambal goreng kentang, munkin terlampau pedas buat saya. Juga sebagai pengagum sambal kentang, saya lebih sukai yg tidak terlampau pedas hingga aroma kentangnya tak kalah. Bila ingin pedas kan cukup cocol dengan sambalnya saja.

Menu ini dapat dilengkap lalab yang fresh, seperti seperti makanan Sunda. Buat saya utama banget lalab-laban ini untuk menetralkan rasa gurih. Yang pasti, porsinya tidak buat perut saya terlampau kekenyangan, sampai tidak butuh tersisa makanan.

Kelihatannya saya suka pada menu nasi liwet koneng ini. Betul-betul buat nagih. Karena itu saya bakal memesannya lagi bila singgah ke kedai makan ini lagi. Terlebih harga paketnya terbilang murah cuma Rp25. 000, –

nasi liwet koneng1

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *