Article

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Jogja Murah Meriah

on

Jogja memang terkenal dengan kota sultan yang menampung ribuan pendatang baik mahasiswa, backpakeran maupun wisatawan. Nah untuk urusan makanan kota yang satu ini juga menawarkan berbagai wisata kuliner Jogja murah meriah. Ada banyak tempat kuliner yang buka sampai tengah malam bahkan ada yang buka 24 jam. Tidak perlu risau jika cadangan uang sudah agak menipis, masih banyak makanan yang sangat terjangkau dengan citarasa lezat dan mengenyangkan tentunya.
Brongkos

brongkos

 

Salah satu wisata kuliner Jogja murah meriah yang merupakan makanan khas orang Jogja yang konon katanya hidangan favorit para Sri Sultan. Brongkos sebagai masakan asli Jogja dan banyak pengemarnya maka sangat mudah menemukannya, ada banyak warung-warung yang menyediakan brongkos yang lezat dengan harga pas di kantong mahasiswa.
Brongkos yang dibuat dari tahu, tempe dan kacang tolo atau kacang merah, yang kemudian dimasak dengan santan kental dan kaldu daging. Tentunya memakai rempah-rempah yang telah melegenda kelezatannya, salah satunya yaitu kluwek yang bikin cita rasa gurih serta memberi warna pekat kehitaman pada kuahnya. Brongkos memiliki rasa gurih, sedikit pedas dan lezat membuat makanan ini terasa begitu istimewa.
Sate Klathak

sate-klatak-1

 

Satu lagi masakan unik yang termasuk dalam daftar wisata kuliner Jogja murah meriah yang wajib dicoba yaitu sate klathak. Sebenarnya sama seperti sate pada umumnya, tapi yang bikin beda yaitu cara pengolahan dan penyajianya.
Sate klathak ini yaitu sate kambing yang ditusuk dengan jari-jari sepeda bukan dengan tusuk sate bambu pada umumnya. Tenyata membuat sate lebih lezat karena panas yang merata membuat danging terasa lebih empuk dan matang. Selain itu tusukan sate jari-jari sepeda ini sangat hemat dan ramah lingkungan karena dapat dipakai berkali-kali.
Satu lagi yang bikin sate klathak ini menjadi sangat special yaitu daging kambing yang empuk dipadukan dengan bumbu sederhana yang bikin nendang banget hanya baluran garam, kecap dan merica.
Soto Sampah

soto-sampah-1

 

Bagi pecinta soto wajib mengunjungi wisata kuliner Jogja murah meriah yang satu ini yang bakalan bikin ngiler seger yaitu semangkok special soto sampah. Dari namanya memang agak sedikit aneh tapi jangan diragukan dengan rasanya. Special mantap lah.
Kuah sotonya yang encer bening dicampur dengan suwiran ayam, bihun, jamur, bawang goreng daun bawang, pastinya sambal cabe dan perasan jeruk nipis yang bikin seger gurih. Soto sampah ini salah satu menu favorit anak muda dan mahasiswa jogja, selain rasanya yang gak nyampah harganya pun sangat terjangkau.
Apalagi disantap dengan sepiring nasi panas saat gerimis bikin semakin maknyus. Lokasinya ada di sekitaran SPBU kranggan biasanya mulai buka jam 9.00 samapai pagi.

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *